The End of Amerika Is Near

Dalam makalah bertajuk ‘Dealing With Technology, A Bird’s Eye View’, Dr Dirk M. Polter dari Fraunhofer mengungkapkan gelombang Kondratieff.

Menariknya, ia melihat hubungan gelombang tersebut dengan jatuh bangunnya sebuah hegemoni.

Sung Utara, sebuah dinasti di Cina konon berkuasa bertepatan dengan teknologi ‘percetakan, kertas dan pasar nasional’. Seiring dengan meningkatnya teknologi lain, dinasti ini jatuuuh… ini abad ke 10 masehi.

Lalu Belanda berjaya dengan maraknya perdagangan Baltik dan Asiatik.. whatever that means… abad 16 Masehi.

Inggris berjaya pada era ia menguasai negara yang direbut dari bangsa Indian, Amerika. Lewat teknologi perkebunan, perdagangan di/dari/ke Amerika yang mencakup tekstil, besi dan logam lain.. selain itu juga mesin uap dan kereta api… inilah abad-abad eksploitasi kulit putih pada orang Indian… abad 17 – 18 Masehi.

Saat ini adalah eranya Amerika Serikat… the great you as of a … *sigh* … inilah abad 19 dan 20, dan mungkin 21… lalu Amerika Serikat akan luncur ke bawah.. jadi kekuatan tak berarti (atau hanya sedikit berarti) dalam era baru… era apa?

Entahlah.. Polter tidak menjelaskan lebih lanjut.. sebagai Jerman yang tidak pernah menang perang, mungkin ia juga malas berbicara lebih banyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s