Dugel: Bikin Macet, Sebar Senjata, Tapi Berkah Juga

Dugel, istilah ini pertama kali saya dengar dari istri saya untuk menyebut arena pasar malam dan hiburan yang muncul di Lapangan Sakura, Cibogel, dekat rumah kediaman orangtuanya di Ciapus, Bogor. Dugel adalah akronim dari ‘Dufan Cibogel’.

Kemudian saya memodifikasi istilah itu sebagai ‘Dufan Gelap’. (Perhatikan lafadz ‘e’ yang berubah)

Dugel biasanya diadakan di sebuah lapangan pinggir jalan. Targetnya, siapa lagi kalau bukan penduduk ekonomi menengah ke bawah. Umumnya, Dugel juga diikuti dengan pasar kaget.

Satu hal yang patut jadi perhatian, Dugel acapkali menyebabkan kemacetan karena tingginya animo masyarakat yang mendatangi Dugel, terutama dengan berjalan kaki, menggunakan kendaraan umum atau sepeda motor. Kemacetan itu diperparah oleh angkutan umum yang gemar ‘ngetem‘ di arena Dugel.

Setidaknya ada tiga contoh Dugel pembuat macet yang saya ketahui:

– Dugel di Lapangan Sakura, Cibogel, jalan raya arah Ciapus, Bogor

– Dugel di stasiun Lenteng Agung, Jakarta, jalan raya menuju Depok

– Dugel di dekat pasar parung, jalan raya Parung – Sawangan menuju Bogor

Satu lagi yang membuat saya agak resah lebaran lalu adalah penyebaran senjata lewat Dugel. Senjata yang saya maksud adalah senjata mainan plastik, kualitas rendah, kemungkinan buatan cina, yang menyebar sukaria lewat pasar-pasar kaget pengiring Dugel. (Tapi itu kayaknya perlu jadi satu topik sendiri)

Meski begitu, Dugel saya kira mendatangkan berkah juga bagi stakeholdersnya. Misalnya pengelola dugel (di Cibogel, pengelolanya berasal dari Surakarta) atau pedagang di pasar kaget.

Leave a Reply

