La Lupa

Blessed are the forgetful: for they get the better even of their blunders

(Friedrich Nietzsche)

Baru-baru ini saya nonton film yang ‘kebetulan’ punya tema seputar ingatan.

Pertama, Eternal Sunshine of The Spotless Mind. Film keren ini bercerita tentang Joel Barish (Jim Carrey) dan Clementine ‘Clem’ Kruczynski (Kate Winslet). Clem menghapus Joel dari ingatannya, kemudian Joel memutuskan untuk melakukan hal yang sama. Tapi di tengah-tengah proses itu, Joel menyesal dan ingin menghentikannya. Maka dimulailah upaya Joel menyembunyikan Clem dalam ingatannya.

Salah satu penampilan terbaik Carrey. Saya mulai menggandrungi aktor ini dalam film Truman Show. Meskipun saya tidak begitu suka performanya di film-film kocak seperti Ace Ventura atau Dumb and Dumber.

How happy is the blameless Vestal’s lot!

The world forgetting, by the world forgot

Eternal sunshine of the spotless mind!

Each pray’r accepted, and each wish resign’d.


(Alexander Pope. Eloisa to Abelard)

Kedua, adalah The Butterfly Effect. Film yang dibintangi Ashton Kutcher ini mengisahkan kemampuan seorang laki-laki menyusuri dan mengubah kejadian di masa lalunya. Film ini cukup gelap dalam menggambarkan beberapa adegannya, meski tidak vulgar. Termasuk dalam ‘menu’ adalah pedofilia, matinya seorang ibu yang menggendong anaknya, orang gila menyerang anaknya sendiri dan beberapa adegan berdarah-darah lainnya.

One flap of a butterfly wings would be enough to alter the course of the weather forever

(Edward Lorenz)

Kemarin tiba-tiba saya mengalami hal yang lucu berhubungan dengan ingatan ini. Seorang kawan lupa kalau dia menitipkan tas pada saya, lalu pulang meninggalkan saya terbengong-bengong di tepi jalan. Ketika saya mendatangi kos-nya untuk mengembalikan tas itu, dia ternyata lupa sama sekali kalau tas itu ada di saya! πŸ™‚

Jangan-jangan kawan saya itu lagi banyak pikiran sehingga hal seperti itu lolos dari ingatannya? Kalau benar demikian, semoga saja pikirannya membaik dalam waktu dekat. πŸ˜€

One thought on “La Lupa

  1. Yes, gue punya tambahan pedukung ttg film oke ini. Gue setuju Cak, ini salah satu performa terbaik Jim Carrey sebagai orang “normal”. Sedikit lebih baik daripada di Truman Show. Tapi akting terbaik dia menurut gue ada di Man on The Moon. Keren abis.Tapi sebagai aktor komedi gue ngefans berat sama doi. Emang sih, over akting banget. Tapi… itu emang dia! πŸ˜€

Leave a Reply

