Read Between The Laughs!

Liburan Paskah yang lalu (long weekend 25-27 Maret 2005) saya akhirnya kesampaian juga membeli buku Bertanya atau Mati? (BaM) yang dikarang oleh Isman. Penulis buku itu adalah juga penulis blog the-fool-found-a.blogspot.com, salah satu bacaan kegemaran saya di Internet.

Mencari buku itu ternyata agak rumit. Di Gramedia Depok, BaM diletakkan bersamaan dengan buku ‘Humor SMS’ dan buku kumpulan lelucon lainnya. Padahal saya mencarinya di kumpulan buku-buku Psikologi dan Motivasi Diri.

Lho? Kok jauh banget.

Bagi anda yang belum membaca buku ini pasti bingung mengapa saya mencarinya di rak-rak buku ‘berat’ sedangkan buku itu berada di rak ‘lelucon’. Bagi yang sudah, mungkin anda akan mengatakan saya hanya kurang kerjaan saja dan memang ingin menjahili penjaga toko. (Pasalnya penjaga toko sampai harus mengantarkan saya dan istri saya melintasi Gramedia Depok dari rak ‘psikologi’ ke rak ‘humor’. Bahkan ia baru puas setelah melihat kami memegang buku itu di tangan dan mengangguk-angguk tanda siap membelinya!)

Buku itu adalah salah satu buku, karangan orang Indonesia, yang puas saya baca belakangan ini.

Ini berarti saya sudah membaca beberapa buku karangan orang Indonesia? Oh ya, saya sudah membaca ‘lit’ Indiana Chronicles: Blue, Lontong Sayur dalam Lembaran Fashion, Anonim My Hero!, kumpulan cerpen Abrukuwah, bahkan hingga buku puisi terbaru dari Joko Pinurbo. (Urutan kepuasan menurun dari belakang ke depan: paling puas Joko Pinurbo paling tidak puas Indiana!).

BaM menyentak saya dengan tutur yang lugas mengenai kehidupan sehari-hari. Seperti judulnya, Isman mungkin hendak mengatakan ‘dalam hidup ini, kalau anda tidak mau bertanya, anda bukan hanya akan tersesat di jalan, tapi anda akan tersesat dan jatuh ke jurang, patah kaki lalu dimakan buaya. Singkatnya: bertanya atau mati!’

Membaca BaM adalah membaca kumpulan esai mengenai kehidupan. Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari buku tersebut. Pelajaran yang cukup berharga untuk direnungkan. Selain beberapa pelajaran lain seperti ‘penjelasan ilmiah mengapa superhero memiliki keuatan super’ atau ‘susahnya belalang sembah jantan yang ingin merokok sesudah berkopulasi dengan pasangannya’.

Pelajaran yang saya maksud adalah pelajaran bertanya. Bahwa bertanya, atau senantiasa memperhatikan dan mempertanyakan apa yang terjadi di sekeliling kita, adalah hal baik yang bisa membantu kita bertahan hidup. Itulah mengapa saya mencari buku ini di rak ‘motivasi diri’ dan ‘psikologi’.

Satu peringatan bagi anda – jika anda hendak membaca juga buku ini – anda sebaiknya mampu read between the laughs. Karena muatan tawa dan canda dalam buku ini cukup banyak untuk mengocok perut dan kepala anda sehingga mungkin anda akan lupa pada ‘pelajaran’ yang tersembunyi.

So, enjoy the book and read between the laughs!

(Pengalaman saya, buku ini lebih nikmat ketika saya membacanya berduaan dengan istri saya. Sama ketika saya menonton sitkom impor, I need a friend to laugh with.)

Leave a Reply

