Chorus and The Ring

Beberapa hari ini ternyata menyeret saya pada tempat yang tidak nyaman secara emosional.

Jika saya cuma anak kuliahan, yang belum bekerja dan belum menikah, tentunya sekarang adalah masa yang menyenangkan. Betapa tidak, baru saja saya tuntaskan Ujian Akhir Semester kedua sebelum terakhir.

Di depan adalah bayang-bayang skripsi yang tidak perlu dipikirkan dulu, di sini adalah liburan. Pastinya saya akan melanglang buana, entahlah ke Pulau Seribu mungkin?

Tapi kini adalah masa yang suram (bukan karena saya harus bekerja dan terikat oleh janji pernikahan).

Kini adalah masa yang suram karena Yang Maha Kuasa rupa-rupanya sedang memberikan ujian yang cukup ‘hebat’ buat saya.

Pagi ini datang kabar dari Bogor. Ayah-mertua saya yang sedang sakit rupanya mengalami kemunduran dalam sakitnya. Ia tak mau makan. Istri saya pun segera ‘lari’ ke Bogor.

Sedangkan di rumah, kondisi Ibu saya masih mengkhawatirkan. Beberapa hari ini ia mengalami kemunduran, setelah sempat membaik kondisinya.

Kemampuan verbalnya mulai merosot lagi, ia juga nampak semakin layu. Kerap tertidur tiba-tiba, misalnya saat makan atau saat menonton tv.

Saya khawatir syaraf kesadarannya mulai terganggu. Demikian pula Prof Susworo dari RSCM, sepupu jauh Ibu.

Saya sangat rindu Ibu. Tapi kini, sosoknya yang saya rindukan semakin tidak nampak. Bahkan dalam mimpi pun, Ibu yang hadir adalah Ibu yang lemah, yang berjuang melawan kesakitan yang sangat dari kanker di kepalanya.

Kemarin saya sempat melihat iklan SCTV yang menampilkan satu keluarga besar bercengkrama di tepi kolam renang. Pasangan suami-istri lansia nampak asik bercanda. Seperti itu saya bayangkan hidup Bapak-Ibu saya, terus ceria sampai tua. Rupanya, itu belum jadi kehendak Allah.

Saya merasa seperti tokoh dalam lagu The Lifting dari R.E.M. Seharusnya terbang tapi tak bisa…

Now close your eyes and start to breathe,
Allow the noise to recede,
Allow yourself to drift and fly away.
But you just stay.

(Stipe, 2001)

One thought on “Chorus and The Ring

Leave a Reply

