Spesial Sambel

Malam Senin (4/7/2005) diajak makan sama anak-anak Detik Jogja ke tempat yang namanya Sambal Spesial.

“Makanannya sambel semua,” seru Nita.
“Lho kok? Sambel?” kata saya dalam hati.

Saya pikir dia bercanda, ternyata memang suguhan spesial di warung SS itu ya sambal. Mulai dari sambal terasi, samal teri, sambal tempe, sambal rempela ati, sambal ijo, sambal bajak.. pokoknya serba sambal!

Setiap menu pun perlu dipadupadankan. Sambal apa yang cocok dengan lauk pauk apa dan sayur apa. Bahkan saking pentingnya paduan itu, SS menerbitkan ‘Panduan Memesan Menu’ yang tersedia di setiap meja. Penting buat orang yang baru pertama kali ke SS seperti saya ;p.

“Ini laku banget lho mas,” kata Nita yang mengaku memang gemar berbicara.
“He-eh,” Ogi menyetujui dengan anggukan ringan.
“Ada berapa di Jogja?” saya menimpali.
“Ada lima cabang, buka dari jam 4, jam 9’an sudah habis. Kalau malam minggu jam 8’an udah ngga’ bisa milih,” begitu kira-kira Nita menguraikan.
Dian dan ‘papi’-nya sepertinya setuju dalam diam.

Rupanya orang Jogja juga doyan pedess, rubuh dong mitos kalo penghuni negerinya Sultan ini cuma doyan makanan manis?

Mitos itu sendiri toh tumbuh gara-gara Gudeg Jogja (yang memang jenis makanan manis), tempe bacem (kegemaran wong jowo) hingga kue-kue seperti Bakpia.

Agaknya itu ‘oleh-oleh’ pertama saya dari Jogja. Entah, mungkin besok lebih seru atau tidak.

Salam dari Jogja!

NB. Meskipun makanan di SS enak dan lezat, saya tetep kangen sama sambel gerusan istri saya. Di tahu betul sambel apa yang saya gemari. Hmmm..

9 thoughts on “Spesial Sambel

  1. Menunya sambal semua? Cocok lah buat ngegojlok turis atau rekan dari benua Eropa. BTW, Pak… template-nya asik, tapi kok lambat nge-load-nya, ya? Kepaksa bacanya dari bloglines saja.

  2. “BTW, Pak… template-nya asik, tapi kok lambat nge-load-nya, ya? Kepaksa bacanya dari bloglines saja.”-kenapa lambat ya? mungkin kebawa ritme jogja kemaren.. :p

Leave a Reply

