All Things Must End


Satu pekan ini saya dan istri ‘marathon’ memutar VCD sewaan Friends The Final Season. Kami memulainya hari Minggu (17/7/2005) sebelumnya.

Malam itu, Kamis (21/7/2005), kami sampai pada keping yang terakhir.

Saat gambar di layar televisi memutar kisah terakhir Monica, Chandler, Ross, Rachel, Joey, dan Phoebe ada perasaan yang meninju dada saya. Inilah akhir dari sebuah kisah yang saya ikuti sejak saya masih duduk di bangku SMP.

Saya meminta istri saya untuk terus memutar VCD itu hingga credit title habis dan layar menjadi gelap. Saya seperti tidak percaya bahwa serial itu sudah selesai.

Banyak hal sudah berubah sejak tahun pertama Friends diputar di RCTI (tepatnya tahun berapa ya?).

Dulu saya masih bujangan, bahkan masih terbilang Abege. Sekarang saya sudah menikah.
Dulu Chandler masih kurus, canggung, dan terlihat sangat gay. Terakhir, Chandler sudah menikah dengan Monica, membopong bayi, dan tetap terlihat gay.
Dulu Ibu saya masih hidup dan kerap memandang ‘miring’ kami (anak-anaknya) yang menggemari serial tersebut. Kini Ibu sudah meninggal.
Dulu Rachel hanya seorang gadis manja yang ditopang teman-temannya. Terakhir ia jadi seorang ibu yang ‘nekat’ mau ke Paris demi kerja idamannya.

New York fiksi dalam Friends hanya sedikit berubah, tapi New York sungguhan telah banyak berubah. Termasuk runtuhnya dua menara kembar WTC beberapa tahun lalu.

Friends sungguhnya selesai sebelum ini, tahun lalu kalau saya tidak salah. Tapi pemutaran di RCTI baru akan berakhir Minggu besok (24/7/2005).

Bagi saya, Friends baru sungguh-sungguh selesai Kamis malam itu. Sebuah babak yang tuntas dari hidup saya.

Memang, mau tidak mau, harus saya akui, Friends telah jadi bagian hidup saya. Sedikit banyak pernah mempengaruhi saya.

So long guys, we’ll see you in other movies.. perhaps!

11 thoughts on “All Things Must End

  1. Friends dan serial TV lainya yang kesohor hingga ujung nusantara tentunya melatarbelakangi banyak warna kehidupan pemirsanya.. Memang itulah typical lifestyle early thirties of most newyorkers..young, ambitious, sexy-sizzling, and life-in-quite-fast-lanes..Banyak warna kehidupan lain berjalan paralel dengan friends, meski iramanya ndak seceria dan dinamis “friends”..SIC (Sex-in-the-city), mungkin lebih heboh lagi, dan itu adalah (juga) facts of life di New York..Beda banget dengan apa yang saat ini dilihat dalam keseharian disini.. tentunya bukan(lagi) di new york..Salam kenal dan salam hangat dari ex-newyorker, yang kebetulan sedang nyasar,..jauuuh sekali.. πŸ™‚

  2. mas wicak… salam kenal. saya juga penggemar friends πŸ™‚ sedih juga pas harus udahan. well…salam kenal dari saya ya mas… makasih udah review kamarcewek.com πŸ™‚ baruuu tau blog mas wicak.(‘tetangga’ luigi di afrika)

  3. mas wicak (*lah gua ngapa ikut2an bilang mas seh yah :D), pembayaran kuliah terakhir tanggal 19 Agustus lohh….hehehehehe. Hmm….kayaknya gua salah nulis komen dah *kabur*heuheuheuheuheu (^_^)

  4. Ada awal pasti ada akhir, sesuatu yg baru telahir dan yg lainnya pergi. itulah hidup, we must face it. Aku turut berduka buat kepergian ibunda mas Wicak, sorry baru baca blognya. suka friends? kirain, tampang kayak mas Wicak ga suka yg gituΒ² πŸ˜‰ eniwei, thx yah blog aku udah di review di detikinet. GBU!

  5. cieh wicak lo jadi banyak penggemar sekarang :p… eniwey, gue juga penggemar Friends, dan cukup sedih ngeliat serial ini mesti abis, mudah2an tv2 nga bosen nge-rerun yah hehehehe

  6. I’m a HUGE fans of friends!!gw punya komplit serial mereka and ga pernah bosen2nya gw tonton ulang.their jokes ga pernah basi menurut gw and ada beberapa hal yg bisa gw pelajari dari apa mereka alamin, they are amazing. dan untungnya gw juga punya amazing friends in my real life, salah satunya elo cak, thanks bro!!paling sedih emang nonton season terakhir mereka siy..

Leave a Reply

