Typo Pertama Dalam Sejarah Indonesia?

Enam puluh tahun lalu kemerdekaan Indonesia diproklamasikan. Sebuah naskah kumal hasil ketikan proklamasi pun hingga kini menjadi ‘bukti’ peristiwa bersejarah tersebut.

Semua tentu mafhum bahwasanya naskah tersebut diketikkan oleh Sayuti Melik berdasarkan naskah corat-coret asli para pendiri bangsa kita ini. (Siapa tepatnya yang mencorat-coret saya tidak tahu).

Hingga kini, setiap 17 Agustus pun dirayakan dan dimeriahkan sebagai H.U.T Kemerdekaan RI. Istilah populernya, tujuhbelasan.

Satu hal yang menggelitik keingintahuan saya sejak beberapa waktu lalu adalah tahun pada naskah tersebut. Tepatnya tercatat seperti ini:

hari 17, bulan 8, tahun 05

Nah, kenapa tahunnya ’05?

Awalnya saya ngeh soal tahun ini adalah di uang kertas Rp 100 ribu. Saya pikir ‘the good people at Perum Peruri’ melakukan kesalahan dalam mendesain. Ternyata memang naskah aslinya demikian. (Liat gambar)

Setidaknya itu yang saya lihat dari hasil pencarian gambar di Google.

Kenapa ya? Ada yang tau nggak?

Advertisements

18 thoughts on “Typo Pertama Dalam Sejarah Indonesia?

  1. Rajin amat meneliti tanggal begitu.. Aku sendiri ga ngeh lho, baru sekarang ngeh-nya. Apa mungkin karena jaman dulu kondisinya lagi darurat, jadi eyd-nya terlupakan?Salam kenal ya, gruesse aus Ulm, Deutschland..

  2. Kalau tidak salah, itu adalah tahun Jepang.. pokoknya ada berbau Jepang-Jepang gitu.. nanti deh saya tanya kakek saya dulu ya.. Sabar ya.. Itu ngga salah cetak kok.

  3. Anonymous wrote:”Angka 05 itu singkatan dari tahun 2605, tahun Jepang (Military Model) yang sama dengan tahun Masehi 1945″Wow! Nah itu fakta baru yang saya dapatkan dalam 17an kali ini. :DCool. and thx Anonymous–whoever you are 🙂

  4. Peserta, entry lomba di blog ini, panitia posting juga di blog khusus http://lomba-blogfam.blogspot.com untuk keperluan kemudahan member Blogfam dalam memilih ‘pemenang favorit lomba entry 17-an Blogfam’ yang akan dilaksanakan pada 26-29 Agustus 2005 di Galery Kreasi Blogfam. Mengingat jumlah peserta lomba entry mencapai 61 peserta. Pesan ini sebagai pemberitahuan. Terima kasih atas partisipasi dan kesediaannya. Selamat Berlomba 😉

  5. dah lama juga tau soal ini..katanya sih krn merdeka itu hadiah dari jepang jadi taun yg dipake ya taun jepang (05) trus naskah dibikin kan di rumah org jepang juga (laks maeda)..jadi ya ada nyambung2nya dikit gitu-lahtrus ada yg bilang juga kalo naskah itu berlaku mundur (kaya cek mundur gitu kali ya) so nggak heran kalo kita sering denger istilah ‘neo imperialism’ blablabla..bikin indonesia gak maju2..lha wong merdekanya baru tahun 2005 (versi panjang dari 05)..coba dicek aja biar mantabb..SUKSES LOMBANYA & MET WIKEN YAH 🙂

  6. jellyjuice wrote: trus ada yg bilang juga kalo naskah itu berlaku mundur (kaya cek mundur gitu kali ya)wah.. kok berlaku mundur.. maksudnya gimana ya?

  7. Wkwkwkw… ininpasti pas SD gak perhatiin perlajaran sejarah. lihat teks proklamasi yang asli. memang tertulis 05. ini karna waktu itu masih menggunakan penanggalan jepang. so, bukan typo tapi km yang bodoh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s