Jury Duty

A jury consists of twelve persons chosen to decide who has the better lawyer.” –Robert Frost

Beruntung saya tidak tinggal di Amerika Serikat. Jika ya (menurut film-film sih) mungkin suatu kali saya akan ketiban sial dan disuruh menjadi juri di sebuah persidangan. Padahal (lagi-lagi menurut film-film) terpidana sering sekali dendam dan membunuh tim juri yang mengirimnya ke lubang neraka (aih!).

Tapi saya tinggal di Indonesia, negara yang menganut sistem hukum adopsi dari Belanda. Dan oleh karena itu keadilan diputuskan oleh tiga orang hakim, dengan hakim ketua yang seringkali mengenakan wig putih (atau memang waktu itu hakim ketua-nya berambut putih ya?).

Soal yang ingin saya ceritakan di sini adalah juri dalam konteks yang berbeda: juri lomba!

Entah kebetulan macam apa yang sedang melanda saya. Tepat 14 Desember 2005, saya dihadapkan pada dua tugas penjurian lomba. Dua-duanya lomba blog pula!

Pertama, pagi-pagi, saya menyambangi Jalan Kiai syahdan untuk menjuri Babak Final lomba blog Universitas Bina Nusantara. Pengalaman yang menyenangkan, membeku di sebuah ruang mendengarkan anak-anak muda yang pintar-pintar bicara soal belajar dan teknologi informasi.

(Jika saya sempat menguap ketika itu, adalah karena dinginnya ruangan. Sedangkan dinginnnnnya ruangan adalah karena sedikitnya manusia yang menghuni ruangan tersebut. Brrrr)

Kedua, sore hari, saya rapat maya bersama Atta dan Roi (keduanya dari Bisnis Indonesia) untuk membicarakan soal penjurian final Lomba Entry Blogfam dalam ranka HUT Blogfam Ke-2!

Nah yang ini seru benar diskusinya. Sampai Atta nyaris batal nonton Jiffest (akhirnya jadi gak Ta?). Sampai di ujung diskusi, saking alotnya, konferensi diubah dari format virtual (YM) ke format analog (audio konferens, alias nelepon lewat spiker!).

Duh..

All in all, saya puas jadi juri untuk sehari. Dan tidak kapok! (Hehehe.. siapa tahu ada yang mau ngajak saya jadijuri lagi toh!)

No jury can declare a man guilty unless it’s sure” –12 Angry Men (1957)

Advertisements

2 thoughts on “Jury Duty

  1. hahahhaha. sori dori stroberi deh ya. secara udah nyaris telat banget ituh sayah. gak sabaran pake YM :p untung hapenya roi ada speaker phonenya. abis itu naik ojek dong. ngebut. sampai dengan selamat. biar film telat tak mengapa.hihihihiterima kasih atas kerjasamanya ya pak juri eh pak wicak 😉

  2. Wah Cak …. gue baru baca postingan ini. Ternyata .. pada saat yg sama kamu menjuri-i *duh bahasanya* 2 lomba ya.Sekali lagi nih *walopun dah lama* .. terima kasih, dan syukurlah kalo kamu gak kapok. Tengkiu .. tengkiu ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s