BoardGame: Sepakbola Kertas (2)

Dasar-Dasar Permainan

Pertama-tama siapkan papan sepakbola kertas pada sebuah bidang datar. Boleh di atas meja, di atas lantai atau karpet, tapi jangan di atas jalan tol.

Kedua, letakkan unit-unit pemain pada posisi sesuai kehendak. Satu unit bertindak sebagai kiper dan diletakkan pada salah satu kotak yang ada tepat di depan gawang.

Ketiga, susun kartu-kartu pada tempat yang terjangkau tangan Anda.

Lakukan suit (boleh gaya tradisional gajah-orang-semut ataupun batu-gunting-kertas) untuk menentukan siapa yang memegang bola pada awal pertandingan.

Setiap pemain mengambil satu set kartu dari tumpukan yang telah dikocok (shuffle maksudnya). Satu pemain memegang 5 kartu.

Kick off dilakukan oleh pemain yang memegang bola. Kartu angka dikeluarkan untuk menentukan berapa banyak langkah yang bisa diambil. Setiap melangkah pemain harus menghabiskan jumlah langkah dari kartu yang dikeluarkannya (kartu angka tidak bisa dikombinasikan dengan kartu angka lain).

Langkah dari kartu angka tidak harus dihabiskan untuk satu unit saja. Ini memungkinkan dua atau lebih unit bergerak secara simultan, selama angka masih tersedia.

Unit dinyatakan mengendalikan suatu bola jika bola tersebut berada pada lingkungannya. Yaitu 8 kotak yang mengelilingi unit tersebut.

Dribbling berarti unit bergerak sambil membawa bola. Sebelum dribbling, unit harus memindahkan bola ke arah pergerakannya. Memindahkan bola memakan satu langkah.

Menendang bola ke gawang hanya bisa dilakukan setelah unit memasuki area lawan dan pemain yang menendang memiliki Kartu Bintang (Shoot). Jika ada unit lawan (selain kiper) yang menghalangi laju bola maka bola akan tertahan oleh lawan.

Jika tak ada yang menghalangi maka garda pertahanan terakhir adalah kiper. Jika bertemu kiper, kedua pemain beradu kartu angka, yang lebih besar diunggulkan.

Gol terjadi jika pemain yang menendang memenangkan adu angka dengan kiper.

berikutnya? kegunaan kartu-kartu aksi

Advertisements

2 thoughts on “BoardGame: Sepakbola Kertas (2)

  1. Buset. Masih bersambung. Keburu Indonesia merdeka dong Om. Off topic: aku dan Donna lagi berencana bikin writing group sesama warga blogfam di Bandung. Kalau terbukti jalan, Jakarta bikin juga dong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s