Jadi Ayah?

Any fool with a dick can have a baby,
but it takes a man to be a father

—(pepatah ghetto, diambil dari sebuah film)

Putri pertama kami lahir, Selasa (30 Mei 2006), persis satu minggu lebih awal dari perkiraan dokter di awal kehamilan (06 Juni 2006).

Kisah kelahirannya, jika ditulis dalam entry ini, mungkin akan panjang sekali. Beberapa highlight-nya adalah: kelahiran menunggu hingga hampir 24 jam sejak Senin malam; kelahiran normal dengan prosedur E.V (vacuum) dan induksi; butuh dua orang suster, dua orang bidan, satu dokter, dan satu suami untuk membantu kelahiran (sementara sang ibu berjuang hidup-mati).

Lahir dengan berat 3200 gram dan tinggi 50 cm, kami menamainya: Raissalma Sabarni Hidayat.


Raissalma merupakan merger dua kata arab yang berarti ‘pemimpin’ (rais) dan ‘sehat, selamat’ (salma).

Rais dipilih dari suku kata Ra, yang diberikan oleh Ibu (dari istri saya), dan suku kata Is yang mengambil nama almarhum Ayah (dari istri).

Sabarni berarti wanita yang sabar. Ini sesuai dengan kisah kelahiran yang ‘memaksa’ orangtua bayi untuk sabar. Nama ini diambil dari nama almarhum Ibu (ibuu kandung saya).

Hidayat merupakan nama belakang saya dan kami sepakat menjadikan ini nama keluarga.

Jika digabungkan, ketiga nama itu kira-kira bermakna doa agar anak kami bisa menjadi seorang pemimpin yang sehat, sabar, dan selalu berada dalam petunjuk Allah.

Apakah saya sudah siap menjadi Ayah? Pertanyaan itu yang pertama kali (dan masih saja) menghantui kepala saya. Seperti kutipan dari film Hollywood yang saya tulis di atas, ‘bikin anak‘ memang gampang tapi menjadi ‘ayah’ adalah hal lain lagi. Semoga saja saya memang sudah siap, dan mampu, menjadi ayah bagi anak-anak kami.

Fathers, be good to your daughters
Daughters will love like you do
Girls become lovers who turn into mothers
So mothers be good to your daughters too

—(John Mayer, Daughter)

raissalma3

raissalma2

raissalma1

Iklan

10 tanggapan untuk “Jadi Ayah?

  1. Viva wicak!! Wah akhirnya ada anak Pink’s yg udah jadi bapak… :)Selamat ya cak! semoga Salma menjadi anak yg soleh dam selalu patuh kedua orang tuanya….Aduh… gue kapan ya cak bisa kaya lo gini? ***still hunting a wife**

  2. sekali lagi selamat ya pak’e.. anaknya kayak anak jepang.. lucuuuuuuu!! pipinya ituloh.. hehe. Semoga Salma bisa tumbuh jadi anak yang baik, shalehah, berguna bagi lingkungan sosialnya kelak dan berhati mulia. Amin amiinn..Hadeeeuuhh.. saya kapan nih ya.. kekekeke. Doain gw juga dititipin bayi cantik kayak anak lo yah.. amiiiiiiiinnnnn..

  3. heheheh..tambah ponakan cewek satu lagi. Welcome to our big family girl..Kamu lucu..semoga kamu bisa seperti yang ‘ti…nurunin semua sifat baiknya.Doa bu de buat kamu ya Salma..semoga bisa jadi anak baik dalam agama dan di kehidupan…

  4. cak..she’s sooo cutemaaf ya ndak bisa dateng waktu sabtu itulo dan hesti will be great parents for her.. congrats buat kalian, bilang sama salma ya tante2 di mading akan selalu mendoakan dia πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s