A Written Legacy

Akhir pekan lalu saya membuka lagi (dan mencetak) beberapa dokumen catatan dari almarhum Ibu. Catatan yang tidak lengkap itu membuat saya rindu bukan kepalang pada sosoknya, betapa saya ingin sekali mendengarkan lebih lengkap kisah yang dituliskannya tentang masa kecilnya di Pekalongan.

The same weekend… saya juga mulai membaca Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata. Telat, saya akui itu, tapi memang baru sekarang saya memutuskan untuk membacanya. (Setelah, mudah-mudahan, badai hype-nya terlalui).

Semua itu ternyata membuat saya berpikir.. sudahkah (perlukah?) saya punya semacam legacy in writing. Semacam memoar yang kelak bisa dibaca oleh anak cucu atau siapapun yang hendak. Entah apakah semacam catatan harian.. atau memang memoar yang mendetil.

Saya ragu cerita saya bakal sebagus Andrea. Pengalaman hidup saya, sejauh ini, belum ada yang setara dengan Laskar Pelangi. Tapi buat saya pengalaman apapun yang telah saya lewati merupakan sesuatu yang memperkaya (dan tentunya sangat berarti) buat hidup. Dan mungkin kelak anak-cucu juga mau membacanya.

Kita toh tak akan pernah tahu sampai berapa lama lagi akan hidup di dunia ini. Ya kan?

Powered by ScribeFire. Pictures are from Sxc.hu.

One thought on “A Written Legacy

  1. And because wow gold donations have already wow gold topped $5500 buy wow gold (as of this writing, they’re at $7,420), buy wow goldshe’s picking one cheap wow gold more name out cheap wow goldof the hat, to wow power levelingwin a lifetime wow power levelingsubscription. That’s power leveling right — donate, they are power leveling of the time.wow goldwin, and you’ll buy wow goldnever have to cheap wow goldpay for WoW again.

Leave a Reply

