Ekonomi Perhatian

Here’s something worth thinking about:

The basic ideas behind the Attention Economy are simple. Such an economy facilitates a marketplace where consumers agree to receives services in exchange for their attention. (The Attention Economy: An Overview)

Attention Economy merupakan sebuah konsep yang patut jadi perhatian mereka-mereka yang punya andil dalam pengembangan situs web.

Dengan banyaknya situs dan layanan berbasis web saat ini, maka pengunjung dihadapkan pada banyak pilihan. Ketika pengunjung tidak menemukan apa yang mereka butuhkan dalam sebuah situs, maka pengunjung akan mudah pergi. Sehingga, pengelola situs akan berlomba-lomba untuk mengikat perhatian pengunjungnya.

Dengan kata lain, loyalitas pengunjung terhadap sebuah situs menjadi makin sulit untuk diandalkan.

Rekomendasi, menjadi satu konsep penting dalam ekonomi tersebut. Untuk bertahan di ekonomi atensi, situs harus mampu memberikan rekomendasi pada pengunjungnya.

Misalnya, situs berita harusnya mampu menawarkan pengunjungnya berita apa yang menarik untuknya pada hari itu. Jadi tak cukup lagi sekadar melemparkan konten ke situs dan berharap pengunjung mau melahap semuanya. (Bukan lagi all you can eat buffet tapi personal buffet)

Tentunya, data pengunjung harus tersimpan rapi oleh pengelola situs. Setiap pengunjung menjadi unik dan kebiasaan serta kesukaannya tercatat. Bolehlah disebut ini semacam personalisasi otomatis.

Saya sendiri belum menjelajah lebih jauh dalam topik ekonomi atensi ini. Namun para pendukung teori ini kelihatannya percaya bahwa era ekonomi atensi (utamanya di situs web) pasti akan datang.

Powered by ScribeFire.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s