Blog Lebih Menarik dari Reportase?

Josh Benton (seorang jurnalis muda dan penerima fellowship dari Nieman Foundation for Journalism, Harvard University) menyusun kurva berikut yang sepintas mungkin mengejutkan:

bentoncurveori.jpg

Saya agak bingung ketika melihat kurva (atau diagram ya?) tersebut. Setelah saya baca-baca penjelasannya, agaknya (menurut saya) kurva itu akan lebih jelas kalau dibuat seperti ini:

bentoncurvemod.jpg

Ternyata yang dimaksud blogging oleh Benton adalah berita dari lokasi kejadian yang disiarkan secara spontan. Mirip-mirip dengan yang kadang dilakukan oleh Detikcom sih.

Sedangkan kalau pendapat pribadi saya: blogging itu sangat bervariasi sehingga interestingness-nya akan punya kurva sendiri yang pada diagram di atas mungkin beberapa akan berada di atas conventional reporting, tapi beberapa lagi bisa jadi ada di bawah itu.

2 thoughts on “Blog Lebih Menarik dari Reportase?

  1. twittering ya? ..mungkin aja kram

    konsep breaking news dari masyarakat saksi kejadian langsung, mungkin akan lebih *nge-jreng* kalo pake twitter ya (karena via sms)

    tapi si benton si.. seinget saya dari tulisan di poynter itu.. ngga nyebut twitter

Leave a Reply

