Blog Lebih Menarik dari Reportase?

Josh Benton (seorang jurnalis muda dan penerima fellowship dari Nieman Foundation for Journalism, Harvard University) menyusun kurva berikut yang sepintas mungkin mengejutkan:

bentoncurveori.jpg

Saya agak bingung ketika melihat kurva (atau diagram ya?) tersebut. Setelah saya baca-baca penjelasannya, agaknya (menurut saya) kurva itu akan lebih jelas kalau dibuat seperti ini:

bentoncurvemod.jpg

Ternyata yang dimaksud blogging oleh Benton adalah berita dari lokasi kejadian yang disiarkan secara spontan. Mirip-mirip dengan yang kadang dilakukan oleh Detikcom sih.

Sedangkan kalau pendapat pribadi saya: blogging itu sangat bervariasi sehingga interestingness-nya akan punya kurva sendiri yang pada diagram di atas mungkin beberapa akan berada di atas conventional reporting, tapi beberapa lagi bisa jadi ada di bawah itu.

Iklan

2 tanggapan untuk “Blog Lebih Menarik dari Reportase?

  1. twittering ya? ..mungkin aja kram

    konsep breaking news dari masyarakat saksi kejadian langsung, mungkin akan lebih *nge-jreng* kalo pake twitter ya (karena via sms)

    tapi si benton si.. seinget saya dari tulisan di poynter itu.. ngga nyebut twitter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s