Membuat Shortcut di Ubuntu

Seperti janji sebelumnya.. saya akan berusaha membuat tutorial dari pengalaman-pengalaman saya memakai Ubuntu. Tentunya, sebagai seorang newbie, tutorial ini juga sifatnya newbie banget.

Selama di ‘OS yang satu lagi’, saya punya Shortcut di Start Menu yang mengarah langsung ke dokumen yang saya sering gunakan. Misalnya, daftar nomor telepon narasumber.

Nah, di Ubuntu, saya kehilangan (rindu? kangen?) Shortcut itu. Ternyata.. eh.. ternyata, untuk membuatnya lagi sangatlah gampang. Ini yang saya lakukan:

  1. Klik kanan pada area Desktop lalu pilih ‘Create Launcher
  2. screenshot-create-launcher.png

  3. Kemudian, pilih ‘Location‘ pada kotak Type
  4. Beri nama pada kotak ‘Name‘ sesuai kehendak
  5. Klik Browse lalu arahkan ke file yang dikehendaki
  6. Lalu klik kotak bergambar Launcher (pegas dengan landasan di atasnya) untuk mengubah icon.
  7. Browse Icons

    Saya memilih icon modem karena ada gambar teleponnya. Hehehe.

  8. Klik OK, lalu klik OK lagi pada jendela Create Launcher

That’s it.. yah kecuali seperti saya, kemudian bisa saja Launcher yang baru dibuat tadi di-drag-and-drop ke panel. Supaya lebih mudah lagi mengaksesnya.

Semoga bermanfaat!

6 thoughts on “Membuat Shortcut di Ubuntu

  1. kalo kombinasi key lewat itu aj: system-preferences-keyboard shortcuts, trus di pilih deh menunya dan tekan shortcuts yg di inginkan..

  2. bos bisa gg shortcut itu tidak di pilih dari lokasi tempat launchernya berada
    tetapi dari command yang mesti masuk ke direktori launchernya???

    ex :
    saya coba buka wepcrackgui yang menggunakan database dri aircrack-ng tp tetap klo sya mau menampilkan tampilan guinya saya di haruskan menggunakan perintah sudo ./wepcrack dan harus masuk ke direktory ekstrakan dari WepCrackGui nya terlebih dahulu. . .

    mohon bimbingannya 🙂

Leave a Reply

