Bandung euy…

macbdg.jpgIf you are lucky enough to have lived in Paris as a young man, then wherever you go for the rest of your life, it stays with you, for Paris is a movable feast.” -Ernest Hemmingway

Kutipan itu selalu terngiang di kepala saya jika pergi ke Bandung. Bukan semata-mata karena ibukota Jawa Barat ini selalu disebut sebagai The Paris of Java (le paris de java, parisj van java), tapi karena Bandung memang memiliki ‘karisma’ dan ‘pesona’ yang sulit untuk dilupakan.

I was lucky enough to have lived (albeit, briefly) in Bandung around the year 1999/2000. Pada saat itu FO (pe’o; kalo kata teman saya waktu itu) baru mulai menjamur dan belum menjelma.. eugh.. infeksi.. seperti sekarang ini. Bukannya saya nggak suka FO, tapi banyak FO sekarang yang menurut saya terlalu mengubah wajah Bandung. Padahal di era itu, pe’o-pe’o itu kebanyakan masih mempertahankan arsitektur rumah lama yang dihuninya. Pengalaman berbelanja di pe’o pun menjadi lebih ..eugh.. eksotis.. daripada sekarang.

Pada seorang kawan saya pernah mengatakan, inginnya dalam masa hidup ini ada kesempatan untuk menjadi warga Bandung selama beberapa saat. Sampai sekarang pun saya masih diam-diam menyimpan kekaguman tersendiri pada kota nu geulis ini.

Rabu (14/5/08) dan Kamis (15/5/08) saya ada di Bandung. Untuk sekadar mampir dan berbagi apa yang bisa saya bagi soal blog dan media online. Selama di Bandung saya dijamu oleh Salomo Sihombing, Kepala Biro detikBandung.

Kunjungan kali ini singkat saja. Mungkin bahkan tak akan sempat menjelajahi bumi priangan nan indah permai ini.

Tapi mungkin, suatu waktu nanti, akan ada kesempatan untuk ber-Hemmingway ria di Bandung. Menuliskan karya yang belum sempat terwujud.. di Bandung.

4 thoughts on “Bandung euy…

  1. sebenernya sih sama aja, bandung bisa ‘terkenal’ dengan paris van java karena promosinya kuat / besar. ditunjang lagi dia sebagai tempat tujuan rekreasi untuk orang2 jakarta, yang notabene sebagai kiblat dari segala hal yg ada di negeri ini.

    daripada bandung, aku lebih memilih jogja / malang sebagai tempat yang mempunyai banyak kenangan. entah karena aku yang memang orang jawa, entah karena aku yang lebih sering ngerasain malang + jogja dibandingkan ngerasain bandung, dan kemungkinan2 yang lainnya.

    jadi sekali lagi bisnis promosi / marketing lah yang akan berperan serta menciptakan ‘image’ kepada khalayak umum. siapa yang paling sering di promosikan, paling sering di omongkan, paling sering di blow up, paling dekat dengan sumber kekuasaan / penyebar informasi, maka dialah yang lebih berpotensi mendapatkan ‘pageview / hit-rank’ yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

    bukan begitu om wicak ? 😀

  2. bener tuh om apr. 😉

    tapi citra paris van java itu konon sudah ada sejak jaman belanda. dan duluuuuu emang bandung itu katanya beautiful. seperti halnya dulu Jakarta itu beautiful.

    dan Jogja saya juga suka banget.. banyak kenangan dan perasaan enaknya dari sana. Tapi saya belom pernah berkesempatan untuk tinggal di Jogja.. meski cuma sebentar.. paling mampir aja atau wisata.

    Nah soal menciptakan image.. saya lagi pengen membuat image untuk kota kelahiran saya: depok. apa ya bagusnya?

  3. coba kalo dulu batavia / orang2 belanda itu tinggal di semarang, pasti mereka akan lebih sering wakuncak ke jogja dibandingkan ke mbandung. hehehe .. sekali lagi karena posisi bandung dekat dengan ‘kiblat’ kekuasaan, baik jaman belanda ato jaman sekarang, makanya bandung ketiban rejeki nomplok itu deh .. hehehe 😀

    depok ? langsung terbayang ama macet, mall dan anak kampusnya dimana2 deh .. hehehe 😀

  4. depok masih identik dengan macet yak 😦 ..saya pengen memberi image baru pada depok tapi masih bingung apa.. mungkin: Go Home! Depok! … ??

Leave a Reply

