Masuk Jurong..

Waktu berkunjung ke Singapura, Juni 2008, saya dan teman dari Indonesia sempat masuk jurong. Nope, bukan salah ketik a dengan o, tapi yang ini memang daerah yang namanya Jurong.

Tepatnya adalah sebuah wilayah Industri Jurong. Tapi untungnya, di dekat situ ada sebuah taman bernama Jurong Bird Park yang mengaku-ngaku sebagai salah satu taman burung terbagus/terbesar di dunia.

Terlepas dari klaim sepihak itu, Jurong memang tempat yang bagus sebagai sebuah bird park. Sebagaimana layaknya tempat lain di Singapura, taman ini rapih dan teratur. Namun aroma khas kotoran burung tentunya tidak bisa dihindari, toh namanya juga taman burung.

Ada beberapa hal yang bisa di-highlight dari kunjungan ke Jurong.

1. Penguin Expedition

penguin.jpgSebuah lokasi yang berpendingin tempat para pinguin dan juga burung puffin bercengkrama. Saya langsung menetapkan tempat ini sebagai favorit karena, pertama pinguin memang binatang yang adorable and cute, dan kedua tempatnya adem.

Selain itu, bentuknya yang mirip akuarium memungkinkan pengunjung melihat-lihat pinguin yang sedang asyik berenang. Khusus untuk anak-anak, disediakan pelataran di tepi kaca sehingga mereka bisa lebih dekat lagi dengan para pinguin.

2. Waterfall Aviary

waterfall.jpgKonon ini adalah kandang burung terbesar di dunia. Dengan jumlah burung mencapai ribuan dan jumlah spesies burungnya mencapai ratusan.

Sesuai namanya, kandang burung ini dilengkapi dengan sebuah air terjun. Pertama kali masuk saya pesimis, mau seperti apa sih air terjunnya paling juga sekadar kolam dengan air terjun buatan seperti di rumah-rumah.

Ternyata, setelah mencapai air terjun yang lokasinya agak tersembunyi saya dibuat kagum dan kaget. Dan saya tidak sendirian, banyak pengunjung lain yang ketika melihat adanya air terjun besar itu juga kaget, agaknya seperti saya mereka tidak menyangka kalau ada air terjun buatan yang ukurannya bisa sebesar dan setinggi air terjun sungguhan.

3. The World of Darkness

Kandang khusus burung hantu ini didesain dengan pencahayaan terbalik. Atau lebih tepatnya, digelapkan sedemikian rupa sehingga para burung hantu merasa dunia sedang malam padahal sebenarnya siang. Apa mereka nggak kasihan ya? Nanti nggak tidur-tidur karena malam terus?

petunjuk.jpgAnyway, di sini ada burung hantu salju (kayak hedwig-nya Harry Potter) sampai burng hantu ‘buku cerita’ seperti yang ada di Winnie the Pooh.

Yang lain?

Kandang-kandang lain di Jurong juga cantik dan dibuat sangat nyaman bagi para burung. Misalnya, ada Pelican Cove yang ramai oleh para pelikan, ada kandang camar yang dilengkapi pantai buatan, lalu kandang burung tak bisa terbang yang mencakup demonstrasi telur burung unta yang bisa diinjak (oleh anak kecil) dan tak pecah.

African Wetland, yang ada tepat di dekat pintu masuk, juga menghadirkan nuansa khas dengan dilengkapi bunyi-bunyian tetabuhan afrika dan pondok-pondok untuk menikmati suasana.

injaktelur.jpgNamun katanya, Jurong Bird Park itu ‘tak ada apa-apa’-nya dibandingkan Singapore Zoo. Ah, mungkin kunjungan ke Singapura berikutnya saya diberi kesempatan untuk melihat bonbin tersebut. Untuk kali ini, saya cukup senang bisa lihat para burung.

(Satu hal lagi, yang pasti sepanjang perjalanan saya merasa sedih karena saya bisa melihat tempat yang seru ini tidak bersama-sama keluarga. Saya rasa akan lebih seru lagi kalau ada si pipi gembil atau si bumbum yang berlarian sambil bertanya, ‘itu apa?’)

Mau ke sana? Paling gampang naik MRT jalur East West sampai ke Boon Lay (Jalur EW itu yang warna hijau kalau di peta MRT, kalau misalnya dari Changi ya tinggal naik saja sampai habis, kalau dari Orchad, berarti harus turun di City Hall atau Raffles dulu, baru ganti kereta).

Dari Boon Lay, turun kereta terus masuk terminal bis Boon Lay. Dari situ tinggal naik bis ke Bird Park, bisnya ada dua pilihan nomor 194 yang memang cuma berhenti di Bird Park dan Boon Lay dan nomor 251 yang bis tingkat.

pelikan.jpgBiaya masuk Jurong, Sing$ 23 (termasuk naik monorail) atau Sing$ 18 (tanpa monorail).

Oh ya, kalau mau ke sana ingat bawa minum atau bekal dari luar. Soalnya harga di dalam Bird Park lebih mahal dari harga di luar, bahkan di vending machine sekalipun.

Advertisements

5 thoughts on “Masuk Jurong..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s