Buka-Bukaan Yuk!

Saya bukan orang yang pantas kalau bicara soal Open Source, sama tidak pantasnya ketika bicara soal Boston Celtics atau R.E.M. Dalam tiga hal itu posisi saya jelas cuma fans.

Tapi ketika menonton pertandingan perkembangan Open Source yang terjadi di Indonesia, saya tidak bisa tidak akan merasa gatal. Sama seperti ketika nonton Celtics atau mendengarkan R.E.M, kadang ada saja yang ‘ngeganjel’. Damn it Cassell, if you throw that ball one more time i swear i’m gonna $%#* atau Please, Michael, we just want to hear you sing. Stop with the $#%^.

Maka saya senang sekali ketika ada orang yang punya cukup keterlibatan dalam arena Open Source mau bicara dengan blak-blakan soal kondisi Open Source di Indonesia. Adalah Denny Klorofil yang melakukan itu dalam dua kali postingnya (Mempertanyakan Open Source Indonesia, part 1 dan part 2).

Beberapa quote favorit saya:

Saya berharap, individu-individu yang mengaku terlibat dalam gerakan opensource di indonesia memahami ini. Bahwa ada filosofi besar yang melatar belakangin gerakan kita, bukan sekedar mengagung-agungkan hal-hal yang sebenarnya cuma hasil implikasi kecil dari filosofi besar tadi. Saya mengajukan bahan ini supaya kita yang terlibat dalam gerakan opensource indonesia bisa memahami filosofi-filosofi opensource secara benar dan bisa semakin dewasa dalam berfikir dan bertindak secara IT. (dari Part 2)

Saya selalu berfikir, opensource tuh bukan masalah gratis atau gak gratis, bukan masalah milih yang legal dan gak legal. Tapi yang paling penting adalah memenuhi kebutuhan kita secara bergotong royong. Yang bisa ngoding ya ngoding, yang bisa testing ya testing, yang bisa nulis dokumentasi ya nulis dokumentasi dan walaupun bisanya cuma ngeritik ya ngritik. Karena dalam opensource itu adalah masalah kebutuhan yang akan dipenuhi, dan tukang-tukang kritik tadi adalah sumber informasi terbesar tentang hal apa yang akan dilakukan oleh sebuah project opensource selanjutnya. (dari Part 1)

Yup! Kurang lebih persis seperti apa yang sering saya gumamkan sendiri. Dan buat saya, yang penting adalah the spirit to create!

Leave a Reply

