Passive Gaming

Beberapa orang mungkin menganggap main game sebagai ajang yang semi-individualis. Setiap orang asik sendiri di depan layar (baik televisi atau komputer atau portable) tanpa menghiraukan lingkungan sekitarnya. 

Okay, untuk game yang multiplayer kadang interaksinya memang bisa lebih luas. Misalnya main berdua (baik versus maupun cooperative) atau main online.

Tapi dalam kaitan game sebagai interaksi massal ala sepakbola atau basket? Banyak orang mungkin akan menggelengkan kepala. “Ah,nggak mungkin itu!”

Faktanya, di Korea Selatan salah satu acara televisi populer adalah kompetisi game. Demikian juga ada beberapa acara televisi di AS atau Eropa yang menayangkan kompetisi game (namun dengan hasil yang, yah membosankan).

Richard McCormick di EscapistMagazine menuliskan bahwa sebenarnya game punya potensi lebih untuk menjadi tontonan masal ala layar tancap juga.  

Pengalaman pribadi saya juga ‘membenarkan’ opini Richard. Sejak remaja dulu saya paling senang duduk di samping (agak ke belakang sedikit) menonton kakak saya Dimas bermain game. 

gta-shot.jpgSaya dan Hes juga pernah bermain bersama Grand Theft Auto Vice City (waktu belum ada anak-anak). Dan saat yang satu main, yang satu lagi memang cuma nonton. Tapi seru banget pengalamannya, sampai teriak-teriak sendiri dan tertawa bersama (atau misuh-misuh) seiring perkembangan petualangan Tommy Verceti.

Kalau menurut saya, game (terutama yang tipe petualangan) bisa jadi semacam tontonan yang menarik. Apalagi jika yang bermain cukup punya skill sehingga penonton pun disajikan hiburan yang seru.

Bayangkan game semacam Assassin’s Creed atau Tomb Raider saya rasa cukup menarik untuk jadi tontonan massal. Sedangkan game semacam Counter Strike atau FPS lainnya, mungkin lebih seru jika ditampilkan dalam format semi-highlight dibarengi komentar (itupun berpotensi menjadi ‘membosankan’).

Mungkin, suatu hari di masa depan, akan muncul bentuk passive gaming seperti itu. Bayangkan orang-orang duduk bersama-sama di depan sebuah layar –sambil mengganyam pop corn dan minuman bersoda– menyaksikan aksi seru seorang bocah mengendalikan si seksi Lara Croft menjelajahi dunia mistik ala Indiana Jones.

Why Not? 

Advertisements

One thought on “Passive Gaming

  1. Iya seru nonton game, kasih komentar, atau kasih saran. tapi sejak ada anak2 jadi agak susah, soalnya anak2 ga suka nonton ibunya nonton game hahaha..

    sampai saat ini yg paling seru masih GTA vice city 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s