Krisis?

1083586_credit_crunch_1.jpgKrisis yang terjadi di AS pada 2008 memang tak ada kaitannya dengan krisis di Indonesia pada 1998. Tapi karena satu-satunya krisis ekonomi yang saya tahu adalah 1998 maka pikiran saya mau nggak mau melayang ke sana.

Memang sih AS punya jalan keluar yang diharapkan bisa meredakan kondisi ekonomi mereka.  Tapi tetap saja, saya ngeri mendengarnya.

Saya nggak tahu bagaimana efek dominonya dari AS bisa akan sampai ke Indonesia. Tapi yang saya tahu, logikanya, kalau salah satu kekuatan ekonomi dunia kolaps pasti akan ada dampaknya ke ekonomi di negara lain. Termasuk di negara tropis bernama Indonesia ini.

Untungnya, pemerintah akan menggelar rapat guna membahas langkah apa yang perlu dilakukan demi mengantisipasi krisis finansial global.  Memang baru ‘rapat’, tapi paling tidak perhatian sudah diberikan pada hal itu.

Scott Adams, pengarang komik strip Dilbert, bilang bahwa masalah besar yang mendapatkan perhatian ekstra biasanya tidak akan seseram yang ditakutkan masyarakat atau yang diramalkan.  Contohnya insiden Y2K yang ternyata relatif tak terjadi apa-apa.

Hal itu, ujar Scott, karena para ahli memfokuskan perhatiannya pada masalah itu. Berbagai cara pun dilakukan demi mengantisipasinya. Semoga krisis di AS kali ini juga akan relatif ‘baik-baik saja’ (terutama di Indonesia) karena perhatian dan energi para ahli dan ekonom diarahkan untuk mengantisipasi itu.

Biasanya yang jadi bencana adalah yang tiba-tiba dan tidak diduga atau diremehkan. Mungkin Krisis 1998 terjadi karena hal semacam itu?

(Saya sadar bahwa krisis sebenarnya terjadi/dimulai pada 1997, tapi saya rasa kebanyakan masyarakat lebih merasakan krisis itu pada 1998. Terutama kemudian ada peristiwa lengsernya Almarhum Eyang dan lain sebagainya yang membuat 1998 sebagai tahun yang ‘gelap’ buat saya. Oh ya, saya juga tak mau menggunakan istilah Krismon.. it’s just too tired, overused and abused.. [cool name for a rock album?] )

(Gambar karya svilen001 via Sxc.hu)

Leave a Reply

