Nol Kilobyte

Saya mencoba (penekanan pada kata mencoba) untuk menulis sebuah kolom rutin bernama Catatan Nol Kilobyte di detikINET.

Mungkin sudah obvious bahwa nama itu diambil dari ‘sesuatu yang berbau teknologi’. Kilobyte dalam dunia TI sudah seperti kilometer atau kilogram dalam dunia fisik, satuan itu digunakan untuk mengukur data: baik besaran dan juga kecepatan (kilobyte per detik.. walaupun lebih lazim kilobit per detik sih..)

Sejauh ini, keinginan untuk ‘rutin dan konsisten’ masih sebatas keinginan. Beberapa lama saya sempat gagap menuliskan kolom.

Faktornya banyak, tak perlu disebutkan semua di sini, tapi salah satunya adalah dari diri sendri: apa iya dengan jam terbang cuma enam tahun di dunia ‘jurnalisme teknologi’ saya sudah cukup berdaya untuk membuat kolom tetap?

Faktor lainnya adalah ketakutan saya bahwa ini tak bisa menjadi sebuah kolom tetap yang terjaga, teratur dan selalu muncul. Boro-boro mendekati ‘Catatan Pinggir’-nya GM, menjadi bagai ‘Catatan Bang One’-nya Oom Karni saja kayaknya sulit.

Tapi saya kesampingkan ketakutan itu untuk nekat membuatnya. Seperti kata Mbah Yoda: do or do not, there is no try.

Berikut beberapa Catatan Nol Kilobyte saya selama ini:

4 thoughts on “Nol Kilobyte

  1. tanpa bermaksud untuk subjektif (hmm) Catatan Nol Kilobyte memang tulisan bagus yang bukan cuma enak dibaca tapi enak dipikirkan kembali untuk jadi sumber ide bahkan perenungan .. dan (terkadang) bukan cuma untuk sesuatu yang berbau teknologi :mrgreen: keren ..

Leave a Reply

