Saying Goodbye

Beberapa peristiwa yang terjadi dalam beberapa minggu belakangan ini membuat saya berpikir soal perpisahan. Tadi malam, saat menonton How I Met You Mother, Season 6, episode 14, saya pun kembali terpikir soal perpisahan.

Di Himym 6:14, Marshall mencoba mencari apa kata-kata terakhir dari Ayahnya yang baru saja meninggal. Ia pun memancing teman-temannya untuk memikirkan hal yang sama, apa kata-kata terakhir Ayah mereka seandainya pada saat itu juga sang Ayah sudah tiada.

Dan saya pun terpancing untuk berpikir, apa kata-kata terakhir Ayah saya. Saat ini memang dia belum meninggal, tapi ketidakmampuannya untuk bicara (akibat stroke) hampir menjamin bahwa tidak akan ada kata-kata terakhir yang terucap lagi.

Semakin saya memikirkannya, semakin saya tidak bisa menemukan apa tepatnya kata-katanya yang terakhir. Saya ingat bahwa malam sebelum stroke melumpuhkannya kami masih sempat berbincang, namun saya tidak ingat tentang apa. Dan pastinya, tidak ada kata-kata dramatis seperti ‘i will always love you, i’m proud of you, life is something something‘ dan lain sebagainya.

Kondisi Ayah yang sekarang menempatkan dia dalam posisi yang berbeda dibandingkan dulu. Dimakan penyakit, sosoknya sudah berubah hampir 100 persen. Kadang, saya merasa pria yang duduk di hadapan saya itu bukan lagi Ayah. Kadang saya merasa bahwa memang Ayah sudah sungguh-sungguh pergi.

Dan kenyataannya, saya tidak sempat mengucapkan salam perpisahan terakhir untuknya.

4 thoughts on “Saying Goodbye

  1. setelah menonton malam tadi saya pun melakukan hal yg sama. saya menelpon kedua orangtua saya. Serial yg konyol tapi ada “isi” yg legit disetiap episode.

  2. agreed.

    katanya sih, dalam pelajaran menulis fiksi, itu yg disebut ‘relatibility’ atau ‘seberapa sebuah karya bisa terhubung dengan kenyataan sehari-hari penikmat karya itu’

Leave a Reply

