Perumpamaan

Running horse.

Ada banyak peluang untuk menerapkan perumpamaan dalam tulisan. Ini bisa dilakukan untuk gaya, menambah warna atau (yang paling valid, menurut saya) memudahkan pembaca memahami apa yang sedang diungkapkan dalam tulisan.

Peluang yang saya maksud adalah untuk sumber perumpamaan.

Misalnya, alam adalah sumber perumpamaan yang kaya raya. Kita bisa bilang, apa yang dilakukan Presiden ini ibarat memacu kuda yang sudah renta, secepat-cepatnya lari pasti kalah oleh yang muda.

Perumpamaan yang juga sering dipakai adalah dari karya-karya populer. Misalnya, karya sastra terkenal. Tentunya ini dengan asumsi pembaca sudah mengenal karya tersebut.

Contoh karya yang banyak dipakai adalah dari karya Homer yang mengisahkan berbagai legenda, mitologi dan kisah Yunani klasik. Misalnya, Panglima yang baru itu segarang Achilles.

Tapi hati-hati juga, jangan sampai salah. Misalnya, dari kisah Kuda Troya, ada sosok Achilles yang merupakan pejuang yang dikenal kegarangannya dan nyaris tak tertaklukkan. Namun, Achilles punya satu kelemahan di kakinya (Achilles’s Heel).

Menyebut sesuatu sebagai Achilles Heel artinya sesuatu itu adalah kelemahan utama yang, jika ‘kena’, akan membuat pemiliknya ‘tamat’. Namun menyebut sesuatu sebagai Achilles saja, artinya bisa berbeda.

Hal lain yang perlu diperhatikan, hati-hati mencampur-baurkan perumpamaan. Bukannya memudahkan, hal ini malah bisa membuat bingung pembaca.

Misalnya, sebuah langkah politik yang dilakukan Pak Presiden diumpamakan menggerakkan bidak-bidak catur. Tapi kemudian, di tulisan yang sama, Presiden disebut sedang menyusun kartu-kartu di atas meja.

Meski bukan dosa besar, ada baiknya menghindari campur-aduk perumpamaan. Trik perumpamaan akan lebih efektif jika disusun dengan strategis dan konsisten.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s