Game, Media dan Emosi

Bermain Uno di Indonesia BermainDalam konferensi di acara Indonesia Bermain (Sasana Budaya Ganesha, Bandung, 22-23 Oktober 2011), saya diundang untuk ikut mengisi materi seputar ‘bermain’. Undangan ini jelas sebuah kehormatan buat saya, meskipun di satu sisi saya ragu, apa yang bisa saya share di sana?

Akhirnya perhatian saya mengerucut ada potensi Game sebagai sebuah Media. Apa yang bisa disampaikan oleh game sebagai sebuah media? Tak lain adalah sebuah pengalaman ’emosional’ yang bisa ikut memperkaya pengalaman pemainnya.

Sayangnya saya tidak ingat di mana pertama kali menemukan ide ini, tapi saya yakin saya pernah membacanya dalam suatu esai. Intinya begini: evolusi game berkembang sesuai perkembangan budaya manusia.

Pada masa hunter-gatherer, manusia prasejarah yang harus berburu dan mengumpulkan makanan, ada kebiasaan manusia yang membantunya bertahan hidup. Salah satu kebiasaan ini adalah bercerita, bayangkan ini dilakukan di keliling api unggun, sambil menikmati hasil perburuan hari itu.

Sambil makan ketua pemburu akan bercerita tentang apa yang terjadi selama perburuan. Dari cerita-cerita ini mereka yang tidak ikut berburu jadi tahu, seperti apa caranya berburu, bagaimana menghindari binatang buas dan seterusnya.

Tapi tak berhenti di sana, di kala senggang, anak-anak pun diajarkan untuk bermain. Kejar-kejaran atau ‘petak umpet’ diajarkan dengan salah satu berperan sebagai sang binatang buas. Hakikat dari permainan ini adalah mengajarkan anak-anak dasar-dasar kemampuan untuk bertahan hidup, tapi dilakukan dalam setting yang aman.

Jika media (koran, televisi, radio, novel dsb) lahir dari kebiasaan bercerita (narasi) maka game lahir dari kebiasaan bermain yang, pada awalnya, selalu berhubungan erat dengan cerita.

Nah, sebenarnya, game bisa jadi media yang lebih menggugah emosi daripada media ‘tradisional’. Bagaimana caranya? Selengkapnya, bisa dilihat dalam dua file berikut:

Dalam menyusunnya, saya terpengaruh oleh banyak sumber. Beberapa di antaranya adalah:

One thought on “Game, Media dan Emosi

Leave a Reply

