Maraton yang Menyenangkan

Bandung, 4 Februari 2012. Saya mendapat kesempatan untuk meliput “Nokia Lumia Developer Day“. Ini pertama kali saya ke Bandung setelah tidak lagi di detikINET. Selain untuk liputan, malam harinya saya manfaatkan untuk ‘temu kangen’ dengan kawan-kawan di Bandung (@tegil dan @enugroho).

Apalagi yang dilakukan kalau bukan: bermain boardgame!

Sebenarnya saya sempat memotret beberapa adegan permainan hari malam itu dengan ponsel. Tapi apa daya, sebelum postingan ini ditulis, ponsel-nya di-reset dengan lupa mem-backup terlebih dahulu foto-foto tersebut. Sungguh sial.

Anyway.. meski dokumentasinya lenyap, kenangan (cieee) tidak akan hilang begitu saja!

Berikut adalah review singkat dari game-game yang saya mainkan hari itu:

1. Turbo Taxi

 

Turbo Taxi jadi permainan pertama yang kami coba. Jenis permainan ini unik: competitive puzzle. Pada dasarnya, pemain akan diminta menyusun jalur dari ‘taksi’ ke ‘rumah’ sesuai warnanya (taksi kuning ke rumah kuing, taksi hitam ke rumah hitam). Syaratnya: jalan tak boleh ada yang ‘putus’ dan ujung-ujung jalan hanya ke rumah atau taksi saja.

Puzzle-nya ada pada satu keping jalan yang diletakkan di tengah. Semua pemain harus meletakkan keping yang sama, pada posisi yang sama, di tengah bidang masing-masing. Baru kemudian boleh menyusun jalur dengan keping-keping yang tersisa.

Siapa yang paling cepat, dia yang akan mendapatkan poin. Poin terbanyak pada akhir permainan, menang.

Game ini jadi menantang karena:

  • Pertama, ya ia adalah puzzle ruang (spatial puzzle) dan hal semacam ini selalu menantang.
  • Kedua, ia bersifat kompetitif, jadi selain mencari solusi pemain harus adu cepat.

Ya, game yang sekilas nampak sederhana ini ternyata cukup melelahkan!

2. Wettstreit der Baumeister

 

Maraton game malamnya dimulai dengan Wettstreit der Baumeister (kurang lebih berarti Lomba Membangun). Ini pertama kalinya saya melihat penggunaan screen. Sebuah screen dipakai untuk menyembunyikan resource yang dimiliki pemain.

Nah hal ini berguna dalam proses lelang yang menjadi gameplay mechanic inti permainan ini. Karena, pemain bisa saja melakukan bluffing untuk mengelabui pemain lain agar menawar dengan harga tinggi dan kehabisan uang mereka.

Inti permainan ini sebenarnya membangun sebuah kastil. Unsur-unsurnya memiliki bonus tersendiri yang bisa dimanfaatkan pemain, mulai dari Balaikota (hanya boleh ada satu dan wajib ada), menara, menara samping (satu untuk menutup di ujung kanan dan kiri), gerbang hingga gereja.

Unsur menarik lainnya adalah Sabotase. Pemain yang mendapatkan hasil lemparan dadu bulatan hitam akan mendapatkan satu amunisi. Amunisi ini bisa ditembakkan pada pemain lain yang paling lemah.

Menariknya lagi, karena ini sebuah boardgame, antar pemain bisa saling berstrategi untuk mencapai kemenangan. Misalnya saja, saat ada dua pemain yang sama-sama lemah, kemudian pemain lain berniat melontarkan Sabotase. Salah satu pemain yang lemah bisa menawarkan suap ke pemain yang hendak menyerang itu, agar kastilnya tak diserang.

3. Top Race

 

Selanjutnya, kami bermain Top Race. Oh, sebelumnya, lupa menambahkan, maraton malam itu diikuti oleh empat orang: saya, Tegil (detikINET), Eko Nugroho (Kummara) dan Iqbal (Kummara).

Saya tak bisa tidak harus melemparkan pujian pada perancang game ini: Wolfgang Kramer. Game ini adalah game balapan, dan seperti balap mobil sungguhan, adrenalin pemain bisa dipacu sedemikian rupa. Dan, pole position alias posisi pada saat start, tak serta merta menentukan posisi akhir saat finis.

Buktinya, meski mobil saya start di posisi buncit, saya bisa melesat ke posisi 2 saat Finish.

Permainan diawali dengan lelang mobil. Sebelum lelang, pemain sudah dibagikan kartu-kartu yang berguna untuk menjalankan mobilnya. Nah, pemain harus jeli membaca kartu yang dimilikinya dan memprediksi, kira-kira kartu itu bisa digunakan untuk melesatkan mobil yang mana.

Jika sudah terbaca, saat lelang, cobalah agak ngotot menawar mobil yang paling cocok dengan rangkaian kartu yang dimiliki. Ini akan berpengaruh pada permainan yang berlangsung.

Setelah semua pemain memiliki mobil (beberapa memiliki dua mobil), maka permainan dimulai. Di sini strategi pemain adalah urutan mengeluarkan kartu aksi. Karena setiap kartu aksi memiliki perintah untuk menjalankan mobil dengan ‘kecepatan’ (jumlah kotak) yang berbeda-beda.

Serunya, beberapa tikungan memiliki lebar jalan yang sempit. Sehingga ada kemungkinan saat tikungan itu ditempati oleh mobil tertentu, mobil di belakangnya akan terhambat.

Selain itu, ada kartu khusus yang bisa digunakan untuk: menyusulkan sebuah mobil ke mobil lainnya, atau membuat mobil tertentu mogok sehingga harus menunggu mobil lainnya datang.

Pemenang ditentukan dari jumlah uang yang paling banyak dimiliki. Ini dihitung dari jumlah uang yang tersisa di kas pemain dan jumlah uang yang didapatkan dari hasil perlombaan.

Bersambung…

Sebenarnya, masih ada tiga game lagi yang kami mainkan malam itu. Tapi akan saya tuliskan dalam posting berikutnya.

Advertisements

One thought on “Maraton yang Menyenangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s