Kampanye, Petualangan dan Penjelajahan

Melanjutkan posting sebelumnya, saya akan membahas sekilas tiga game yang sempat dimainkan dalam maraton di Bandung. Maraton yang akan selalu legen..wait for it.. dary buat saya.

Game San Marco merupakan game yang menggambarkan kampanye politik untuk meraih suara di sebuah wilayah. Salah satu yang menarik dari game ini adalah pembagian wilayah berdasarkan peta sesungguhnya dari wilayah Venesia (kalo gak salah).

Buat saya game ini agak menyulitkan. Karena saya tidak berhasil menemukan strategi untuk memenangkannya. Apakah memang harus fokus pada wilayah San Marco, atau bisa mengepung dari yang lain.

Sebenarnya saya sangat menggemari kisah-kisah Yunani Klasik. Dan Odiseus (Odysseus/Ulysses) adalah salah satu kisah yang paling seru buat saya.

Permainan Odyssey ini ini jadi menarik karena itu. Ia menggambarkan persekongkolan dewa-dewi dalam mengombang-ambingkan kapal Odiseus agar tidak juga mencapai rumah.

Sistem permainan ini juga cukup memusingkan buat saya. Pemain berusaha mengarahkan ke mana kapal Odiseus akan sampai setelah tiga langkah, mengikut jalur-jalur warna yang ada di peta. Intinya, pemain seakan beradu agar arah rombongan Odiseus bisa menguntungkan dirinya.

Menarik adalah kemampuan para dewa yang dikendalikan pemain. Masing-masing pemain berperan sebagai satu dewa, misalnya Zeus, Athena, Hades atau Poseidon.

Zeus bisa menghentikan permainan kapanpun. Hades bisa menyembunyikan niatan para pemain. Poseidon bisa apa ya, saya lupa, sesuatu yang terkait dengan perjalanan. Athena bisa membatalkan kekuatan dewa yang lain.

Paling memuaskan adalah saat bermain Settlers of Catan. Pertama karena Mas Eko Nugroho selaku tuan rumah mengeluarkan board yang jarang digunakannya, board Catan versi First Edition, yang masih berbidak kayu dan disimpan dalam kantung dengan tali rami.

Kedua, saya memang sudah lama sekali penasaran ingin memainkan permainan yang disebut-sebut sebagai The Boardgame of this generation.

Catan memiliki aturan yang sederhana. Setiap pemain menjelajahi sebuah pulau dan berusaha membangun peradaban di sana. Lemparan dadu akan menentukan resource apa yang diterima pemain.

Hal yang unik, jika pemain melemparkan angka 7, akan mengaktifkan sang perampok. Dia bisa ditempatkan di bidang tertentu dan menghalangi produksi dari bidang tersebut. Ia juga bisa digunakan untuk merampok resource yang sudah dimiliki pemain lain.

Kalau saya tidak salah, secara statistik, angka 7 adalah salah satu kombinasi yang paling banyak muncul dalam lemparan dua dadu enam sisi (2D6). Lihat saja, 7 bisa didapatkan dari 3+4, 4+3, 5+2, 2+5, 6+1 dan 1+6.

Alasan terakhir saya paling puas saat memainkan Catan adalah karena: saya menang!

Catatan: Mereka yang berakhirpekan di Bandung sekarang punya pilihan seru untuk bermain boardgame. Kummara dan Segitiga.net sering mengadakan sesi bermain dengan biaya murah. Selain itu, siapapun bisa menyewa boardgame dari mereka. Kapan ya kegiatan sejenis tersedia di Depok? :p

Leave a Reply

