Bikin dan Main Bersama

Lego memiliki jajaran board game dari jenis “build and play“. Rasanya, baru mulai akhir 2011 ini Lego Board Game bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia (setidaknya Jakarta dan beberapa kota besar lainnya).

Bahkan, di toko buku seperti Gramedia (bagian stationary dll) saja Lego Board Game (Lego Games) sekarang bisa dibeli. Belum lagi Minifig-nya yang biasanya ada di kasir.

Saat sedang berburu buku di Gramedia itulah kami sekeluarga mendapati kehadiran Lego Games. Dan segera memutuskan untuk membeli salah satu di antaranya (maunya sih beli semua :p)

Alhasil, malamnya kami menggelar #BGsession keluarga. Dimulai dengan membangun bersama-sama papan permainan dan berlanjut dengan memainkannya.

Game yang kami beli adalah Ramses Return, di kemasannya sih terpampang nama Reiner Knizia yang konon ikut mendesain game ini.

The fabled golden treasures of King Ramses sit in the dusty chambers of the pyramid, but do you dare enter to find them? Uncover the mysterious crystals and grab the treasure to win, but beware of the mummy and the ancient curse of Ramses!

Seperti sudah bisa diduga, game ini bertema firaun mesir. Tentu saja, ada mumi di sana!

Tujuan permainan ini sederhana saja: mengumpulkan tiga harta karun Ramses.Pola permainannya menggabungkan unsur luck dari lemparan dadu dan memory game.

Pemain mengendalikan satu petualang (dalam bentuk microfig) yang akan berkeliling ruang rahasia Ramses untuk mengumpulkan harta karun.

Di tengah arena ada enam “kuil” yang digunakan untuk menyembunyikan “kristal” beraneka warna.

Pada gilirannya, pemain akan melempar dadu. Lemparan dadu akan memunculkan kombinasi warna atau lambang mumi.

Jika pemain bisa mencocokkan warna yang muncul dengan warna kristal yang tersembunyi, (dengan cara mengambil salah satu kuil dan mengitip isinya) ia boleh menggerakkan bidak-nya 2 langkah.

Saat bergerak di sepanjang arena, pemain juga bisa mengambil kristal yang tercecer di sepanjang jalan.

Kalau sudah punya kristal ini, setiap lemparan dadu yang menunjukkan warna sama memungkinkan pemain bergerak tanpa mencocokkan dengan kuil.

Tentunya sang empunya harta, Ramses, akan berkeliaran dan memaksa siapapun petualang yang ditemuinya untuk menyerahkan kembali semua harta dan kristal yang sudah diambil.

Microfig Ramses alias Mumi akan bergerak saat dadu memunculkan lambang mumi. Jika ini terjadi, pemain bergerak tiga langkah (arah bebas) dan mumi bergerak searah jarum jam.

Hal yang paling saya sukai dari game ini:

  • Membangun papannya bersama dengan keluarga
  • Karena Lego, maka terbuka kemungkinan untuk dipadukan dengan brick / set lain.

Sejauh ini, kami sudah mulai mencoba melakukan mash up. Misalnya dengan menambahkan minifig berbentuk Alien. Lalu dengan menambahkan beberapa minifig lainnya. Kami juga berencana untuk menggabungkannya dengan game Lego lainnya.

Laporannya, akan disampaikan dalam posting berikutnya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s