Suka Kumpul (Edisi Depok)

Sejak aktif di DepokDigital banyak hal yang membuat saya terkejut sekaligus bangga. Ternyata (ini mungkin cuma saya aja yang baru tahu) komunitas digital di Depok cukup #joss juga.

Anak-anak muda di Depok sangat antusias menyambut era digital, komunitas seperti Depok Creative, Depokmobi, SiKodok, Akber Depok bahkan hingga DepokBerkebun, tumbuh subur di kota yang selalu jadi rumah buat saya.

Sebelum ngelantur terlalu banyak, postingan ini sebetulnya ikut-ikutan #seminggusatu-nya @kelakuan. Dengan tema “tempat favorit”, saya ingin menggarisbawahi lokasi kumpul-kumpul komunitas yang pernah saya datangi dalam rangka komunitas digital itu.

With that.. here it is, tempat favorit kumpul-kumpul komunitas digital di Depok:

DoubleDipps Cafe – Berlokasi dekat dengan gerbang Pesona Kahyangan (Margonda) tempat ini beberapa minggu belakangan jadi lokasi kumpul yang cukup cihuy. Paling enak dari tempat ini mungkin suasananya yang lega, menu yang cukup enak (dan ada paket khusus yang relatif terjangkau) serta tentunya WiFi gratisan yang cukup lancar.

Pilihan untuk ngobrol pun cukup terbuka, bisa duduk di teras, di payung-payung dan juga di dalam (yang ber-AC). Untuk komunitas, tersedia panggung kecil dan layar yang bisa dimanfaatkan untuk event — meskipun proyektor harus bawa sendiri karena proyektor yang ada ternyata hanya untuk nobar.. plus nggak ada soundsystem.

Buku Kafe – Tempat ini sekarang sudah kondang dan masih jadi favorit banyak penggiat “dihital” di Depok. Seperti namanya, Buku Kafe memiliki banyak buku. Dimiliki oleh seorang librarian, tempat ini bisa jadi sudut empuk untuk asyik membaca buku.

Tapi selain itu, suasana yang nyaman dan tenang ternyata membuat banyak juga developer yang senang coding di Buku Kafe. Hanya saja, menunya terbilang cukup mahal jadi kalau setiap hari di sini lumayan menguras anggaran juga.

Semerbak Coffee – Bisnis “rombong kopi” (coffee booth) yang lahir di Depok ini telah membuka cafe di Jl Arif Rachman Hakim. Saya sih baru sekali ke sana, tempatnya cukup menarik dan bernuansa anak muda, sesuai segmen pasarnya.

Semerbak Coffee sebenarnya bisnis coffee booth yang lokasinya disebar di mana-mana dengan sistem ala waralaba. Mungkin, cafe ini jadi semacam showcase mereka untuk membuat bisnis “kafe”.

Anyway.. satu kesempatan ke Semerbak Coffee adalah saat kumpul-kumpul lintas komunitas Depok yang pertama. Waktu itu berbagai unsur, mulai dari Depok Digital, Depok Creative sampai DeBlogger hadir ririungan.

Sebenarnya masih banyak tempat favorit di Depok. Tapi ini adalah beberapa yang dicocok-cocokkan dengan kumpul-kumpulnya komunitas digital.

Kalau ada yang bilang daftarnya terlalu pendek, ini membuktikan bahwa di Depok sangat kekurangan tempat kumpul komunitas yang enak.

Kafe atau tempat makan yang cihuy saja sangat minim, apalagi ruang publik. Sigh

Advertisements

One thought on “Suka Kumpul (Edisi Depok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s