Know What You Want to Write

matazombie

Pesan yang selalu saya ulang-ulang pada teman-teman adalah: ketahui apa yang ingin Anda tulis!

Misalnya, saat sedang liputan, melihat ada begitu banyak pesan yang disampaikan, dari narasumber, dari lembaga tertentu hingga pesan dari teman sebelah. Hal terpenting adalah tahu dulu apa yang mau Anda tulis.

Ini artinya, sang wartawan harus punya tujuan yang jelas dalam membuat tulisan / laporannya. Sekadar melaporkan bisa jadi sebuah kesalahan fatal dan ketinggalan hal-hal penting yang ada di lapangan.

Sikap sekadar melaporkan, yang penting sudah lapor, pokoknya beres ini seringkali terpicu dari target yang salah kaprah yang dibebankan oleh organisasi medianya sendiri. Target yang saya maksud adalah target jumlah.

Bagaikan pekerja kasar, seorang wartawan saat ini sering dibebani target jumlah. “Hey kamu! Coba buat 1.000 butir tahu dalam sehari!” dan mereka mengangguk-angguk saja.

Mungkin saja, target itu kemudian bisa membuat pekerja menghasilkan jumlah yang diinginkan. Bahkan mungkin dengan mutu yang bisa diterima.

Tapi beban target itu akan membuat sang pekerja tidak peka pada peluang inovasi dan kreasi. Apa yang ada dalam pikirannya adalah memenuhi jumlah yang diharapkan, kejar setoran.

Bayangkan jika targetnya diubah. “Hai kawan, bagaimana dengan situasi saat ini. Apa yang sebaiknya kita sampaikan pada pembaca?”

Atau, kalau mau lebih galak: “Hey Kamu! Bikin tulisan terbaik yang akan memuaskan pembaca dan kamu yakin bisa diikutkan dalam kompetisi sekelas Pullitzer, Nobel atau lainnya!”

Saya yakin, kalau yang didesakkan pada teman-teman jurnalis itu adalah hal semacam itu, akan jauh lebih enak untuk mengajak kreatif, inovatif dan -ehm- inspiratif! Dan bukan sekadar jumlah, jumlah, jumlah, kuota, kuota, setoran, setoran… braaaiiin, braaaiin! Ahhh… Nom Nom Nom!

Gambar via Pixabay

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s