Belajar Permainan Sudut Pandang dari Novel Dune

AtreidesBanner

Sebuah buku yang sangat seru yang baru saja selesai saya baca adalah Dune. Ini adalah masterpiece karya Frank Herbert yang jadi salah satu babon di dunia Scifi. Setara dengan Lord of The Rings di dunia Fantasy Fiction.

Ada banyak hal yang menarik yang bisa ditarik dari membaca Dune, dan saya ingin sekali menuangkannya kembali dalam tulisan di blog ini.

Namun satu hal yang paling mencolok buat saya, yang bisa dipelajari dalam hal penulisan adalah permainan sudut pandang. Herbert dengan cerdik menampilkan sudut pandang orang ketiga dengan beberapa tokoh penutur (point of view characters).

Nah, yang lebih menarik lagi, Herbert seakan membantai salah satu nasehat penulisan fiksi untuk tidak mencampur banyak tokoh penutur. Herbert justru tampak terus bolak-balik antara beberapa tokoh penutur dalam sebuah adegan.

Hebatnya, Herbert bisa melakukan itu dengan meminimalkan kebingungan.

Kuncinya, kalau saya amati, adalah membuat garis yang tegas saat melakukan perpindahan tokoh. Transisi dilakukannya melalui narasi, tidak sekadar lewat memisahkan adegan.

Lebih seru lagi, Herbert menampilkan pikiran dari para tokoh penutur. Lagi-lagi, ini dilakukan dengan rapih dan jelas, sehingga masih bisa diikuti tanpa kebingungan.

Penting untuk dicatat, Herbert nampak mengadopsi gaya penulisan lugas. Ini jelas membantu mengurangi kebingungan dalam bertukar-tukar tokoh penutur.

Agaknya, ini adalah contoh penerapan dari teori yang mengatakan: untuk menyampaikan sesuatu yang rumit, gunakan bahasa yang sederhana.

Gambar: tafsiran saya akan bendera House Atreides, dengan menampilkan simbol elang merah. Gambar elang merahnya merupakan freebies karya Luke Roberts yang bisa diunduh di DeviantArt.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s