Peaceful Competition

Bohn1

Bohnanza adalah sebuah permainan kartu, yang menempatkan pemainnya sebagai petani kacang. Setiap petani punya lahan yang terbatas, di satu lahan ia hanya bisa menanam satu jenis kacang saja. Sudah begitu, ia harus menanam kacang sesuai urutan ia mendapatkan benih kacangnya (urutan kartu di tangan).

Game ini merupakan contoh sebuah game kartu yang antar pemainnya tidak saling membunuh (secara langsung) namun tetap menghadirkan kompetisi yang ketat.

Selain soal urutan tadi, pemain juga harus menanam kacang yang muncul dari tumpukan di depannya. Atau, jika ia tidak mau, maka kacang itu harus berpindah tangan lewat barter dan lain sebagainya.

Nah, pada fase barter itulah permainan Bohnanza menunjukkan kualitasnya. Pemain yang aktif akan berusaha merayu pemain lain untuk melepas kacang yang ada di depannya, syukur-syukur ia bisa melakukan barter yang menguntungkan, tapi minimal ia harus berusaha membuang kacang yang tidak diinginkan.

Bohnanza adalah sebuah permainan strategi dan kompetisi plus kerjasama. Sebuah permainan gaya Euro yang menyenangkan karena berporos pada interaksi antar pemain.

Tentunya, permainan ini jauh lebih menyenangkan jika dimainkan bersama dengan teman-teman dekat.

Bagi mereka yang merancang game, agaknya ada yang bisa dipelajari dari Bohnanza. Bahwa game tidak melulu harus saling membunuh, bahkan ketika kita berkompetisi dengan pihak lain. A Peaceful Competition is possible!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s