Membenamkan Kepala

gotboardgame

KRL adalah pilihan utama saya untuk pulang-pergi kantor (sejak menclok di Lantai 5 Gedung Kompas Gramedia). Dan sejak itu juga, saya jadi banyak membaca (lagi). Buku terbukti jadi teman terbaik untuk menemani waktu tunggu di Peron, dan terkadang waktu senggang di atas kereta.

Walaupun aktivitas ini bukannya tidak berisiko sama sekali. Buktinya, saya sempat terlalu asyik membaca sampai terlambat berhenti di stasiun tujuan (pulang). Untungnya, 1) waktu itu tujuannya adalah pulang, bukan ke kantor; 2) kereta hanya sampai Depok, dan bukan bogor.

Ini membuat saya berpikir, ada buku-buku tertentu yang sukses membuat pembacanya terbenam ke dalam cerita. Buku yang membuat pembaca mudah sekali meninggalkan dunia sekitarnya dan masuk ke sebuah dunia imajinasi.

Ini adalah yang disebut sebagai vicarious experience. Sebuah pengalaman menikmati sesuatu, dari cerita atau media, hingga seakan-akan kita benar-benar mengalaminya.

Karya semacam ini biasanya juga mampu meliukkan emosi pembaca sesuai dengan jalan cerita. Ikut terkejut saat tokoh dalam buku terkejut, mata berkaca-kaca saat ada adegan yang sedih dan tentunya ikut tertawa pada sentilan humor dan kejenakaan.

Saya sendiri belum tahu apa rahasianya. Satu hal yang saya tahu: mampu menghasilkan karya semacam ini agaknya layak dijadikan sebuah obsesi.

Catatan:

1. buku yang membenamkan kepala saya hingga luput berhenti di stasiun tujuan adalah Game of Thrones karya George R.R. Martin.

2. Gambar di atas adalah boardgame Game of Thrones dari Fantasy Flight Games. Difoto dalam sesi bermain bersama beberapa teman di Kummara, Bandung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s