Menertawakan Orang Biasa, Menertawakan Diri Sendiri

paintedladies

Saya bukan penulis humor. Itu sudah pasti. Buat saya menulis komedi adalah sebuah misteri, yang masih terus saya jelajahi. Mungkin, saya lebih cocok menulis tragedi.

Tapi, saya tetap berusaha mempelajari, sambil tentunya menikmati, berbagai karya komedi.

Salah satu yang saya ingat, dari masa kecil, adalah menikmati serial komedi keluarga. Misalnya seri Full House yang membuat akrab nama-nama seperti Bob Saget dan Mary Kate serta Ashley Olsen.

Seiring waktu, Friends jadi tontonan kegemaran. Dan belakangan, tentunya How I Met Your Mother, Big Bang Theory dan juga Modern Family.

Satu hal yang menarik, biasanya serial komedi memiliki latar atau tokoh yang tidak terlalu luar biasa. Paling tidak, pada awalnya tampak biasa saja. Mungkin, seperti saat menikmati Stand Up Comedy, kita lebih mudah menikmati humor saat berasal dari situasi yang “biasa saja”.

Memang, ada seri komedi yang menampilkan situasi luar biasa. Misalnya Veep, yang menampilkan kehidupan wakil presiden AS, atau serial Spy, yang menampilkan agen rahasia Inggris. Tapi saya pribadi merasa, yang lebih melekat, adalah yang menampilkan “orang biasa”.

Mungkin, komedi situasi memberi kesempatan pada penontonnya untuk menertawakan dirinya sendiri dengan lebih nyaman dan aman.

Foto: Jajaran rumah di San Francisco yang dikenal sebagai The Painted Ladies, merupakan lokasi pengambilan gambar untuk adegan pembuka seri Full House. (Koleksi pribadi)

Leave a Reply

