Long Walks In the Park

Union Square, San Francisco
Union Square, San Francisco

Memilih jurnalisme sebagai ‘karir’ sejujurnya tidak pernah saya lakukan. Dulu, yang saya inginkan adalah menulis. Itu pun dorongannya tidak bisa didefinisikan dengan jelas, saya ingin menulis ‘sesuatu’, entah apa itu. Kenapa? Entah juga.

Kemudian, saya mempelajari semua tentang tulis-menulis. Mulai dari buku legendaris “Seandainya Saya Wartawan Tempo”, “Menulis (Novel) Itu Gampang”-nya Arswendo hingga entah berapa banyak referensi lainnya.

Saya blusukan ke berbagai lingkaran penulis, termasuk yang cukup lama di Salju Bogor dan Bunga Matahari. Tapi yang paling berkesan adalah persahabatan dengan seorang teman sesama penggemar tulis-menulis di masa-masa SMP, SMA sampai Kuliah.

Jurnalisme, kemudian saya jalani benar-benar seperti seseorang sedang berjalan-jalan di taman atau pinggir pantai. Tidak pernah ada niatan atau ambisi menjadi jurnalis kondang ala Goenawan Mohammad dan kawan-kawan.

Seperti orang pejalan santai, saya menikmati pemandangan yang ada. Tak pernah berpretensi jadi ‘atlit olimpiade’ tapi tetap berusaha menjaga taman agar tetap bersih dan segar.

Ternyata je-je-es ini sudah mencapai 10 tahun lebih. Dan banyak, banyaak sekali yang saya dapatkan dari pengalaman selama ini. Namun masih banyak lagi yang mau saya eksplorasi.

Journalists never get happy emails, and we rarely get positive feedback, but every once and a while a reader says thank you for a story or a co-worker notices how hard you worked on a package. That makes the late hours and unhealthy diet of vending machine snack foods and gas station coffee worth it. (Rachael Gleason via TextBookPillow)

Here’s to more long walks in the park!

Leave a Reply

