Apa Pentingnya?

20140123-164719.jpg

Anak sulung saya, kelas 2 SD, cukup sering bertanya seperti ini: “Apa pentingnya [sesuatu]?”

Mungkin semacam bentuk pola pikir kritis yang muncul dari pergaulannya sehari-hari di sekolah. Sehingga ia mempertanyakan, hampir semua yang dilihatnya.

“Apa pentingnya payung? Kan tidak sedang hujan,” katanya.

Suatu kali, kami sedang menyaksikan video Adam Savage (Mythbuster) menyampaikan pidato di TED (atau TEDx). Kemudian ia membicarakan anak kecil sedang menyeret mainan gerobak. Anak saya pun bertanya: “Apa pentingnya gerobak?”

Aha, sebuah kesempatan emas untuk berusaha menanamkan pandangan saya!

“Gerobak itu penting. Dari gerobak itu, anak (dalam video) itu kemudian jadi berpikir. Dari berpikir ia kemudian bisa menciptakan hal-hal yang luar biasa. Maka segala sesuatu itu, bahkan yang paling sederhana, bisa menjadi penting, karena kita berpikir!”

Oke. Kalimat asli saya tidak seperti itu, lebih banyak gagap dan gugup-nya. Tapi kurang lebih itu yang saya coba tanamkan dalam kesempatan kali ini. Bahwa hampir semua hal, betapapun tampak sederhana, sebenarnya punya potensi untuk jadi sesuatu yang besar, asalkan kita (manusia!) mau memanfaatkan otak kita.

Jadi, apa pentingnya [sesuatu]? Jelas penting. Karena semua bisa bergerak, dari satu hal ke hal lain, satu sentuhan kecil bisa menjadi hentakan yang kemudian jadi dorongan yang kemudian jadi gerakan luar biasa.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Apa Pentingnya?

  1. “satu sentuhan kecil bisa menjadi hentakan yang kemudian jadi dorongan yang kemudian jadi gerakan luar biasa.”

    setuju, “An idea is like a virus. Resilient. Highly contagious. And even the smallest seed of an idea can grow. It can grow to define or destroy you.” – Cobb #Inception

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s