I Believe In This Place

Tugu Selamat Datang Depok (CC BY Serenity / http://commons.wikimedia.org/wiki/User:Serenity )

Mungkin sudah tertanam dalam DNA banyak manusia untuk terikat pada tempat dia dilahirkan. Seperti juga saya kemudian terikat dan memiliki perhatian lebih pada tempat lahir sekaligus tinggal saat ini: Depok.

Saya percaya Depok punya kemampuan untuk jadi besar. Bukan hanya percaya, lalu duduk topang dagu sambil minum kopi susu, saya berusaha melakukan sesuatu untuk mewujudkannya. Setidaknya di hal-hal kecil yang bisa saya lakukan.

Itu kenapa saya akan tetap giat di Code Margonda dan berbagai ide gila yang mungkin lahir dari sana.

Pertama-tama adalah yakin dulu. Yakin bahwa ada sesuatu yang positif dari tempat ini, yang bisa digelorakan.

Kemudian yakin, bahwa ada orang-orang yang punya pikiran sama di sini. Mereka yang mampu melepaskan diri dari “macet” serta citra-citra lain yang bagaikan jelantah di kulit pemikiran semua orang tentang Depok. Mereka yang mau mencuci citra “macet” dan lain-lain itu menjadi “menyenangkan”.

Saya pun yakin bahwa warga depok ini sedang tumbuh, membangun akarnya sendiri di tanah ini. Karena tanah ini memang tak punya akar yang kuat. Tidak seperti Jogja, Solo, Bandung atau bahkan Jakarta. Akar yang sedang tumbuh dan mencari bentuk, sebuah komunitas sub-urban yang kental dengan pengaruh urban Jakarta namun tetap bertahan pada nilai-nilai kekeluargaan dan “pedesaan” khas wilayah pinggiran.

Modal utamanya adalah yakin, setelah itu bergerak dan bertindak. Gagal pun tak jadi soal, yang penting tetap yakin, bergerak dan bertindak.

Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s