Beberapa Tokoh Menarik di Depok

052

Selama perjalanan aktif di Komunitas di Depok, kurang lebih tiga tahun belakangan ini, saya punya kesempatan untuk kolaborasi dengan orang-orang keren yang peduli pada komunitas. Pelan-pelan saya juga menemukan rekanan, istilahnya partners in crime,  yang cocok untuk membicarakan masa depan kota.

Tanpa mengecilkan teman-teman seperjuangan itu, sepanjang perjalanan sejauh ini saya juga berkesempatan bertemu beberapa “tokoh menarik”, orang-orang hebat, yang sungguh sebuah kesempatan menarik untuk mengintip sedikit isi kepala mereka.

Saya rupanya jarang mendokumentasikan pengalaman itu. Padahal, kalau dipikir-pikir, pengalaman ini mungkin bisa membantu orang Luar Depok (atau yang tinggal di Depok tapi belum berinteraksi dengan mereka) untuk sedikit-banyak mengenal.

Jelas ini bukan Daftar Lengkap Tokoh-Tokoh Depok. Saya hanya mencantumkan beberapa yang sempat berinteraksi dengan saya, yang menurut saya cukup punya “bobot”. Lagi-lagi ini di luar dari teman-teman seperjuangan di komunitas, ini adalah orang-orang yang mungkin tepat disebut sebagai Narasumber bagi komunitas, dan mereka tinggal di Depok.

Mereka adalah:

1. Risman Adnan

Pak Risman saya mengenalnya sudah agak lama, dari profesi sebagai jurnalis teknologi, saya mengenal Pak Risman sebagai “orang Microsoft”. Hal yang menarik dari Pak Risman adalah kepeduliannya yang sungguh-sungguh pada Developer. Gayanya yang ceplas-ceplos, dan kemampuannya memberikan kritik tajam (bahkan mendekati peran Raja Tega) cukup asyik untuk dinikmati. Di Depok Pak Risman pernah hadir beberapa acara, termasuk di Depok Connection sebagai narasumber yang “galak” tapi asyik.

2. Lendo Novo

Bang Lendo pertama kali saya ketahui orangnya adalah saat kuliah dulu. Dia pemberi materi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa baru Fateta IPB program Diploma (dulu Diploma IPB masih bergabung di Fakultas masing-masing). Kemudian saya berkesempatan diskusi dengan Bang Lendo di Setu Pengasinan, sebelum Festival Setu Depok 2014. Pemikirannya selalu menyegarkan dan membawa semangat. Jujur saya masih punya banyak pe-er dari Bang Lendo yang belum selesai. Ini harus ditindaklanjuti! Karena saya masih ingin mencukil pemikiran dan semangatnya lagi.

3. Heri ‘Blangkon’

Nah, pertemuan dengan Bang Lendo itu dilakukan di kediaman Pak Heri ‘Blangkon’ (maaf saya lupa nama lengkapnya). Pak Heri ini juga ceplas-ceplos dan bahkan ‘kopyak’ (meminjam istilahnya Pak Heri). Bicaranya keras, namun visinya luas. Pak Heri ini berkegiatan utama di bidang lingkungan dan boleh dibilang adalah motor di balik tanaman hias di Depok, dan (kalau tidak salah) di balik budidaya Belimbing sebagai ikon Kota Depok.

4. Emil Dardak

Masih berhubungan dengan dua tokoh di atas, keduanya saya temui dalam rangkaian mendukung Festival Setu 2014. Tokoh yang ke-4 ini saya temui di acara Festu sendiri. Saat saya dijebloskan sebagai moderator diskusi, narasumbernya adalah Mas Emil ini. Ketika itu saya tidak tahu sama sekali dia siapa, namun pemikirannya soal tata ruang dan Smart City serta Civil Society benar-benar menarik. Wawasannya soal hal itu tajam, dan Mas Emil bisa menyampaikan bagaimana seharusnya Depok dikelola. Andai saja bisa terwujud!

Dari ke-4 tokoh itu, saya belajar banyak. Saya juga yakin mereka bakalan mau untuk terus mengembangkan Depok, menyumbang ilmu, wawasan, perspektif dan opininya buat Depok. Tapi, hal itu agaknya juga harus dipancing. Teman-teman Komunitas (dan ini artinya tugas buat saya sendiri juga) harus mau melakukan itu, harus mau sibuk dan agak rewel mengajak mereka (serta tokoh-tokoh lainnya) berdiskusi.

Ada kaliber tertentu dari empat tokoh itu –variatif sih di antara keempatnya — yang menurut saya bisa dimanfaatkan untuk Depok di Masa Depan.

Dan tentu ada tokoh lain yang mungkin saya lupa, atau belum kenal, seperti sudah saya katakan tadi: ini bukan daftar lengkap tokoh yang berpengaruh di Depok, ini adalah daftar pribadi saya, sekadar mencatat the people i’ve met along the way.

One thought on “Beberapa Tokoh Menarik di Depok

Leave a Reply

